oleh

Tanggul Sungai Gelis Jebol, Sawah hingga Permukiman Kebanjiran

Kudus, Mitrapost.com Banjir kembali menggenangi rumah warga Kecamatan Jati. Kali ini penyebabnya karena tanggul sungai Gelis di Desa Pasuruan Lor jebol.

Menurut data BPBD Kudus, sekitar 10 meter dari bagian tanggul itu jebol sehingga air sungai masuk ke area persawahan dan kawasan permukiman warga dan menimbulkan genangan dengan tinggi 10 sampai 30 cm.

“Warga yang rumahnya tergenang banjir untuk sementara mengungsi di tempat saudara terdekat yang tidak terdampak banjir,” kata Kepala Pelaksana Harian Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus Budi Waluyo, Sabtu (2/1/2021).

Budi juga memprediksi jumlah pengungsi akan bertambah.  “Informasi sementara ada belasan orang yang mengungsi. Dimungkinkan akan terus bertambah,” ia menambahkan.

Baca juga: Terendam Banjir, Kerugian Petani Padi di Kudus Bisa Capai 15 Juta Per Hektare

Pihaknya memperkirakan tanggul tersebut jebol pada Jumat (1/1/2020) tengah malam, sekitar 23.00 WIB setelah hujan turun selama dua hari.

Akibat kejadian itu, rumah-rumah warga di sekitar tanggul kebanjiran dan jalan di Dukuh Goleng, Desa Pasuruan Lor, susah dilalui karena tergenang.

Banjir akibat luapan air Sungai Gelis juga membuat satu mobil terseret arus hingga ke area persawahan. (fp)

Baca juga: Tanggul Jebol di Sunggingwarno Perparah Luapan Air di Kecamatan Gabus

 

Artikel ini telah tayang di Antara Jateng dengan judul ‘Tanggul Sungai Gelis Kudus jebol, sejumlah warga mengungsi.

Komentar

Berita Terkait