Tahap Awal Vaksinasi Covid-19, Menkes: Untuk Memunculkan Herd Immunity

Jakarta, Mitrapost.com Pemerintah Indonesia akan mulai melakukan vaksinasi Covid-19 di awal tahun 2021. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut tahap awal vaksinasi untuk memunculkan herd immunity.

Mengutip dari laman Kemkes.go.id, Budi menargetkan akan melakukan vaksinasi terhadap 67-70 persen penduduk atau sekitar 181 juta orang untuk memunculkan herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus corona.

Untuk mencapai target herd immunity, pemerintah menyiapkan 426 juta dosis vaksin untuk 181 juta penduduk itu. Sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO), setiap penduduk akan mengikuti dua kali penyuntikan atau dua dosis vaksin.

“Kami menyiapkan buffer stock sebanyak 15% persen, jadi total yang kita butuhkan sekitar 426 juta dosis vaksin,” katanya.

Baca Juga :   Dewan Minta Kesadaran Masyarakat untuk Ciptakan Herd Immunity

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama, Penerima Akan Dapat Notifikasi Via SMS

Sedangkan untuk melakukan vaksinasi terhadap seluruh warga Indonesia, Budi menyebutkan butuh waktu paling tidak 3,5 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati