oleh

Gerakan Rembang Peduli Pasien Covid-19, Bingkisan Semangat untuk Penyintas

Rembang, Mitrapost.com Masih tingginya angka kasus Covid-19 di Kabupaten Rembang menggugah pemuda setempat melakukan gerakan peduli terhadap pasien dan penyintas Covid-19 dan keluarganya.

Mereka menamai gerakannya dengan Rembang Peduli Covid-19. Para pemuda ini juga merupakan mantan pasien atau kebetulan memiliki keluarga yang pernah terpapar virus corona.

Salah satu penggagas gerakan Rembang Peduli Covid-19, Miftachussolichin, menyampaikan bahwa aksinya dilatarbelakangi karena adanya stigma masyarakat terhadap pasien Covid-19. Oleh karenanya ia bersama pemuda Rembang lainnya ingin memberikan semangat dan berupaya menghapus stigma bahwa pasien yang terpapar Corona bukan sebuah aib yang harus dijauhi.

Sebab menurut Miftah, yang paling dibutuhkan oleh pasien Covid-19 adalah perhatian dan dukungan dari teman serta masyarakat sekitar agar mereka mempunyai harapan serta semangat sembuh. Rasa optimisme menurutnya mampu menambah daya imun pasien.

“Kegiatan kita lebih kepada memberikan dorongan serta dukungan kepada pasien Covid-19. Terkadang kita diajak curhat bareng lewat telepon atau video call,” ujar Miftah, Senin (04/01/2021).

Baca juga: Lawan Pandemi Bersama, Dibutuhkan Pendonor Plasma Darah Penyintas Covid-19

Gerakan yang diinisiasi oleh Rembang Peduli Covid-19 adalah dengan memberikan dorongan semangat, mencarikan donor plasma konvalesen untuk pasien serta mengkampanyekan bahwa Covid-19 bukan merupakan aib.

Salah satu bentuk kampanye tersebut dituangkan lewat penjualan kaos berdesain beberapa kalimat. Sedangkan keuntungan sepenuhnya digunakan untuk membantu pasien Covid-19.

Miftah mengungkapkan bahwa sasaran dari gerakan ini tidak memandang siapapun latar belakangnya. Baik kaya, miskin, Islam atau pun Kristen semuanya berhak mendapatkan perhatian serta dukungan.

“Alhamdulillah banyak diantara mereka yang telah sembuh dari Covid-19 akhirnya ikut tergerak membantu gerakan ini, baik berupa tenaga, donasi bahkan diantara mereka banyak yang sukarela mau mendonorkan plasma untuk pasien yang lainnya,” imbuhnya.

Baca juga: Dapatkan Vaksin Covid-19 Gratis, Cek di Laman Peduli Lindungi

Miftah menyebutkan bahwa semua warga Rembang bisa ikut andil dalam gerakan Rembang Peduli Covid-19. Baginya gerakan ini bukan atas dasar suatu komunitas atau organisasi melainkan gerakan yang datang dari keprihatin dengan kondisi Rembang saat ini.

Sedangkan untuk hari ini saja, Miftah mengaku sudah ada 4 pesanan ‘bingkisan penyemangat’ berupa kebutuhan logistik yang sudah ia salurkan untuk pasien covid-19 di Rembang. (*)

Baca juga: Sinovac Tiba di Jateng, Pemkot Semarang Targetkan 1 Juta Warga Divaksin

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

 

Komentar

Berita Terkait