oleh

Komisi A DPRD Pati Minta Perangkat Tak Masuk Tim Sukses dalam Pilkades

Pati, Mitrapost.com – Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati meminta kepada perangkat desa agar tidak masuk menjadi salah satu tim sukses calon kepala desa dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak nanti.

Menurut Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati Bambang Susilo sesorang warga negara, termasuk perangkat desa, berhak memilih pemimpinannya.

BPKAD Pati

Baca juga: Dewan Imbau Tim GTPP Covid-19 Gencar Sosialisasi Prokes di Tempat Umum

Namun, sebagai pegawai negara, perangkat desa tidak berkenankan aktif mendukung dan memobilitas masyarakat untuk mendukung calon tertentu.

“Dalam menjalankan kekondusifitasan menjalang Pilkades di Kabupaten Pati, seandainya (perangkat desa) harus memilih, jangan menjadi tim sukses. Wajar perangkat mendukung tetapi menjadi Tim Sukses ndak etis,” ujar Bambang saat ditemui di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Dewan: Dana Proyek Drainase dan Trotoar Pati Kota Bisa Dialihkan ke Daerah

Politisi PKB ini menilai apabila perangkat desa ikut menjadi Tim Sukses, dikhawatirkan akan terjadi konflik kepentingan.

Selain itu, nantinya siapa pun calon yang terpilih baik itu yang didukung maupun lawannya, akan menjadi atasan di dalam pemerintahan desa.

Maka sikap netral ini sangat diperlukan agar pemerintahan desa berjalan dengan aman, lancar serta kondusif.

“Yang perlu di pahami dan dicatat, PPDI itu kan kesatuan perangkat. Harus dipahami, bagaimana pun perangkat itu bawahan kepala desa. Sikap netral itu penting untuk perngakat. Apa pun yang jadi nantinya adalah atasan,” pungkasnya. (Adv/UH/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

 

Berita Terkait