oleh

Mulai Menjamur, 143 Toko Modern di Pati hingga 2020

Pati, Mitrapost.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu (DPMPTSP) Kabupaten Pati mencatat setidaknya ada 143 toko modern atau toko swalayan di Bumi Mina Tani hingga akhir tahun 2020.

“Total keseluruhan toko swalayan sampai 2020 di Kabupaten Pati ada 143. Baik berupa mini market maupun toko seperti Ada dan Luwes,” ujar Kepala DPMPTSP Kabupaten Pati Sugiyono saat ditemui Mitrapost.com di Mal Pelayanan Publik (MPP), Rabu (20/1/2021) kemarin.

Baca juga: Dewan Pati Minta Pemerintah Permudah Izin Usaha Bagi UMKM

Sedangkan awal tahun ini ada 5 toko modern yang tengah proses perizinan di DPMPTSP. Sehingga jumlah total hingga saat ini ada 148 toko swalayan.

Toko swalayan ini tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Pati. Kecamatan yang paling banyak berdiri toko swalayan di antaranya Kecamatan Pati Kota, Wedarijaksa dan Trangkil.

Baca juga: Harga Kedelai Masih Tinggi, Dewan Pati: Petani Perlu Dibina  

Sugiyono mengungkapkan pihaknya tidak membatasi atau memperberat para pengusaha untuk mendirikan toko swalayan dengan catatan harus memenuhi persyaratan yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 tahun 2019.

“Karena dalam Perda mengamanatkan tidak ada hambatan untuk investasi terutama toko swalayan. Selama ia memenuhi persyaratan ya kita Izinkan dan beri kemudahan,” jelas Sugiyono.

Komentar

Berita Terkait