oleh

Pemkot Semarang Klaim PPKM Mampu Turunkan Kasus Covid-19

Semarang, Mitrapost.com – Pemerintah Kota Semarang menyebut penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPK) tahap pertama sejak 11 Januari hingga 25 Januari 2021 mampu menurunkan angka Covid-19.

Data dari Dinkes Kota Semarang menyebutkan, sampai hari ini, Selasa (26/1/2021) jumlah penderita Covid 19 turun di angka 840 kasus.

Artinya, jumlah itu turun sejak diberlakukan PPKM jilid pertama. Padahal, sebelumnya kasus penderita Covid 19 mencapai 1000-an orang.

Baca juga: Video : Bupati Orang Pertama Divaksin Covid-19 di Pati: Sedikit Pegal

Kendati demikian, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang M Abdul Hakam tetap meminta masyarakat menaati protokol kesehatan.

“Dan jumlah kasus Covid-19 secara harian juga menurun. Kemarin dari data terakhir tanggal 18-23 Januari 2021 turun mencapai 106 kasus rata-rata kasus harian yang kami laporkan ke Forkopimda,” ujarnya, Semarang saat ditemui, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga :   Kejari Kudus dan Kejati Jateng, Dalami Kasus Suap PDAM

Baca juga: Pemkot Semarang Jadikan Asrama Haji Manyaran Tempat Karantina Pasien COVID-19

Menurutnya, masyarakat juga memiliki andil yang cukup banyak dalam penurunan kasus itu. Sebab, kesadaran masyarakat dalam berprotokol kesehatan sudah mulai baik.

“Penurunan ini merupakan sinyal bahwa kesadaran masyarakat mulai bagus, ada efek WFH, usaha ditutup lebih sore dan kegiatan masyarakat dibatasi,” jelasnya.

Namun, ia meminta masyarakat tetap tidak kendor, sebab potensi penularan virus corona masih dapat terjadi terutama di lingkungan keluarga maupun perkantoran.

“Tidak ada cara lain selain menerapkan protokol kesehatan. Meskipun kasus turun dan sudah divaksin, disiplin prokes harus digalakkan,” tandasnya. (*)

Baca juga: 

Baca Juga :   Didapuk Tertinggi Kasus Covid-19, Begini Kata Dinkes Jateng

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral