Dana Desa 2021 Prioritaskan Bansos, Dewan: Kesejahteraan Masyarakat Utama

Pati, Mitrapost.com – Alokasi dana desa tahun ini masih diprioritaskan untuk pengadaan bantuan langsung tunai (BLT). Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Pembangunan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Pati, Indah Febriana

Indah mengatakan pagu dana desa Pati pada tahun 2021 sebesar Rp426.380.834.000. Jumlah tersebut dialokasikan dengan nominal berbeda ke masing-masing desa.

Baca juga: Dewan Pati Akui Pemberlakuan PPKM Tak Signifikan Atasi Covid-19

Alokasinya berdasarkan 4 komponen indikator diantaranya alokasi dasar, alokasi formula, alokasi kinerja, dan alokasi afirmasi.

Selain untuk BLT, dana desa juga wajib digunakan untuk meng-cover kebutuhan pencegahan stunting, penanganan Covid-19, dan padat karya tunai. Sedangkan untuk pembangunan fisik bisa dilakukan setelah 4 prioritas tersebut ditunaikan.

Baca Juga :   Dewan: Gagal Panen Sebab Banjir Perlu Dicover Asuransi

Baca juga: Dewan Pati Akui Pemberlakuan PPKM Tak Signifikan Atasi Covid-19

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Pati Noto Subiyanto memaklumi kebijakan tersebut. Pasalnya, menurut Noto, di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini prioritas yang diutamakan adalah kesehatan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati