Gundukan Hitam Diduga Kubah Lava Baru Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG

Sleman, Mitrapost.com Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) memastikan material gundukan berwarna hitam yang terekam dalam observasi aktivitas Gunung Merapi bukan kubah lava baru.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPPTKG Hanik Humaida saat menanggapi berita di media sosial yang menyatakan bahwa terdapat kubah lava baru di lereng Gunung Merapi.

“Berdasarkan hasil observasi, material tersebut terlihat tidak berpijar, tidak teramati adanya asap di material tersebut, serta tidak terdapat rekahan di sekeliling material,” ujar Hanik disampaikan melalui akun Twitter BPPTKG pada Selasa (2/2/2021).

Baca juga: Volume Kubah Lava Gunung Merapi Semakin Meningkat

Ia menjelaskan material tersebut tampak di permukaan karena terbawa oleh aliran awan panas guguran.

Baca Juga :   Gunung Merapi Lepaskan Guguran Tebing Lava Lama

“Kami simpulkan material tersebut adlah material vulkanik yang terbawa oleh aliran awanpanas guguran,” imbuhnya.

Sementara itu berdasarkan laporan pengamatan Gunung Merapi per 1 Februari 2021 telah terjadi 16 kali guguran lava dengan jarak luncur maksimum 800 m mengarah ke barat daya atau menuju ke hulu Kali Krasak dan Boyong. Selain itu juga terjadi 50 kali gempa guguran dengan dua kali gempa tektonik dan 9 kali fase hybrid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati