oleh

Pemkab Rembang Usulkan 961 Formasi ASN 2021

Rembang, Mitrapost.com — Pemerintah Kabupaten Rembang sudah mulai mengusulkan sejumlah formasi pegawai baru tahun 2021 ke pemerintah pusat. Usulan tersebut meliputi kebutuhan Pegawai negeri sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Kepala Bidang Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Rembang, Marsono menyampaikan jumlah usulan awal untuk pegawai baru berjumlah 1136 formasi. Namun, adanya format baru yang diedarkan melalui surat dari pemerintah pusat pada tanggal 29 Desember lalu, jumlah usulan tersebut harus diubah kembali menjadi 961 formasi.

Baca juga: Vaksinasi Sudah Capai 77 Persen, Dinkes Rembang Alami Sejumlah Kendala

Jumlah tersebut terdiri dari dua kategori, kategori PPPK dari guru umum berjumlah 381 formasi, dan kategori Aparatur Sipil Negara (ASN) berjumlah 580 formasi yang terdiri dari 164 PPPK untuk guru agama, dan 416 calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tenaga kesehatan dan teknis.

Ia menjelaskan PPPK guru umum dan PPPK guru agama memang dibuat terpisah. Hal itu sesuai format terbaru yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Suratnya tanggal 29 Desember 2020 tentang kebutuhan ASN. Intinya begini, usulannya untuk guru PPPK 381, dan 580 ini untuk ASN. ASN itu terdiri dari 164 PPPK dan 416 CPNS. Jadi totalnya 961,” jelasnya kepada Mitrapost.com, Selasa (2/2/2021).

Baca juga: Sembilan Jabatan Struktural di Rembang Kosong, Prioritaskan Sekda

Ia menambahkan, perihal proses seleksinya bagaimana dan waktunya kapan, masih belum bisa disebutkan secara pasti. Karena seleksi nantinya tergantung dari arahan pemerintah pusat dan jumlah usulan tersebut belum tentu semuanya akan diterima oleh pemerintah pusat.

Ismanto salah satu warga Soditan Lasem menyambut baik adanya usulan formasi dari Pemkab Rembang. Jika memang ada tes CPNS maupun PPPK dirinya siap mengikutinya.

“InsyaAllah untuk pengadaan CPNS ataupun PPPK saya akan ambil bagian. Karena seperti pengadaan- pengadaan sebelumnya, CPNS, PPPK dan semacamnya menjadi peruntungan yang cukup bagus,” ungkapnya.

Menurutnya PNS di masyarakat masih menjadi daya tarik. Dari kepastian gaji dan kesejahteraan dinilai juga lebih terjamin dan dari strata di masyarakat juga diakui. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Berita Terkait