Banyak Daerah Tetap Buka Pasar Saat Jateng di Rumah Saja, Ganjar: Silakan

Pasalnya, lanjut Ganjar, pasar, PKL dan beberapa tempat lain memang yang selama ini sulit diatur. Jika bisa diatur, maka semuanya akan berjalan bagus.

“Problemnya kan hari ini sulit diatur. Masih banyak yang nongkrong, warungnya sempit, tidak berjarak dan sebagainya. Makanya pengalaman Pasar Salatiga dulu bagus, tapi tidak berlangsung,” terangnya.

Baca juga: Pedagang Minta Penutupan Pasar Kliwon Perlu Ditinjau Ulang

Jika tetap akan membuka pasar tradisional, Ganjar mewanti-wanti agar betul-betul dilakukan penataan. Pasar ditata, disemprot dan pedagang diberikan jarak agar tidak berkerumun.

“Kalau perlu pedagang dikeluarkan ke jalan untuk keperluan penataan itu. PKL juga sama, dikeluarkan saja untuk kemudian protokol kesehatan bisa berjalan,” pintanya.

Baca Juga :   Antusiasme Pedagang Pasar Pati, Vaksinasi Bisa Swafoto Bareng Ganjar

Untuk diketahui Ganjar telah menerbitkan surat edaran tentang Gerakan Jateng di Rumah Saja.

Baca juga: Satu Pedagang Pasar Positif Covid-19, Tiga Pasar di Sumber Ditutup

Dalam surat itu terdapat poin yang berbunyi ‘gerakan dimaksud dilaksanakan sesuai kondisi dan kearifan lokal di wilayah masing-masing, termasuk diantaranya penutupan car free day, penutupan jalan, penutupan toko/mall, penutupan pasar, penutupan destinasi wisata dan pusat rekreasi, pembatasan hajatan dan nikahan (tanpa mengundang tamu), serta kegiatan lain yang berpotensi memunculkan kerumunan (pendidikan, event, dll)’.