oleh

Dewan: ‘Jateng di Rumah Saja’ Hanya Kurangi Risiko

Pati, Mitrapost.com – Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengatakan gerakan “Jateng di Rumah Saja” yang akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 Februari nanti hanya mengurangi risiko penularan Covid-19.

Memutus angka penyebaran Covid-19 bisa dilakukan apabila warga patuh menerapkan protokol kesehatan.

“Hanya mengurangi risiko, jika yang 5 hari tetap kegiatan di luar rumah,” kata Anggota Dewan yang juga Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu saat dimintai pendapat beberapa waktu lalu.

Baca juga: Dewan Minta Kompensasi ‘Jateng di Rumah Saja’, Perlu Dikalkulasi Detail

Setelah gerakan ini terlaksana, ia berharap kesadaran masyarakat untuk terapkan protokoler pencegaham Covid-19 meningkat. Dengan langkah konkret ini diharapkan juga gerak masyarakat di sektor ekonomi berjalan normal kembali.

Kebijakan Jateng di Rumah Saja adalah respons pemerintah Jawa Tengah atas evaluasi Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa program pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dinilai gagal menurunkan angka kasus Covid-19 di Jawa Tengah.

Dalam prakteknya, selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu tempat keramaian seperti tempat pariwisata, toko, dan pasar diistirahatkan sementara.

Baca juga: Dewan Nilai ‘Jateng di Rumah Saja’ Efektif Jika Pemprov Beri Jaminan Finansial

Sementara beberapa sektor esensial seperti kesehatan, kebencanaan, keamanan, energi, komunikasi, teknologi informasi, keuangan, perbankan, logistik, dan kebutuhan pokok masyarakat, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional masih diperbolehkan beraktivitas.

Hal ini sesuai yang tertuang dalam SE Gubernur Jateng Nomor 443.5/0001933 tentang Peningkatan Kesehatan pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap II.

Dalam dua hari pelaksanaan gerakan Jateng di Rumah Saja, masyarakat akan diawasi oleh masing-masing kepala daerah. Sementara aparat TNI, Polri, dan Satpol PP akan menggelar operasi yustisi di beberapa lokasi.(Adv/MA/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait