Jaga Kesehatan Mental, Berikut Tips Kendalikan Emosi Negatif

Mitrapost.com – Sedih, marah atau kecewa adalah perasaan yang normal. Namun perlu kamu ketahui bagaimana cara mengendalikan emosi agar tidak merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

Emosi adalah ekspresi normal manusia atas berbagai hal yang terjadi dalam hidupnya. Seperti ketika kamu merasa senang saat mendapat hadiah, merasa kesal saat terjebak macet, atau merasa sedih saat kehilangan seseorang yang dicintai.

Berbagai emosi yang dirasakan ini akan berpengaruh pada Tindakanmu. Jika sedang merasakan emosi yang positif, maka tindakan yang mengikutinya juga akan positif, sebaliknya, emosi negatif akan cenderung membuat kamu berperilaku negatif pula.

Baca juga: Siapkan Pendekar Bermental Juara, Pagar Nusa Pati Adakan Ujian Kenaikan Tingkat

Ekspresi emosi negatif bahkan membahayakan hubungan pertemanan, pekerjaan, hingga Kesehatan mental. Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk mengendalikan emosi agar mengekspresikannya dengan tepat.

Baca Juga :   Manfaat Mengkudu, Mencegah Kanker hingga Menyehatkan Kulit

Berikut ini adalah cara mengendalikan emosi negatif yang bisa kamu coba:

  1. Berpikiran dan bersikap positif

Kamu mungkin tidak dapat mengubah situasi buruk yang bisa saja menimpamu, namun kamu bisa mengubah sudut pandang agar situasi yang sedang terjadi menjadi hal yang positif. Misalnya, kamu merasa kecewa karena mendapat banyak kritik pada presentasi yang baru saja diberikan. Pada situasi seperti ini, cobalah pikirkan sisi positifnya bahwa kritikan tersebut sebenarnya dapat bermanfaat untuk perkembangan kedepan. Selain itu, mencoba menenagkan diri dengan mengambil napas panjang kemudian memejamkan mata. Menyadari keberadaan, perasaan, dan pikiran saat ini, termasuk keadaan sekitar. Hal ini dapat membuat kamu lebih sadar dan bersikap lebih positif dalam merespons segala sesuatu.

Baca juga: Jelang Libur Panjang, Ini Tips Aman Liburan di Tengah Pandemi

  1. Menghindari situasi yang memicu emosi negatif
Baca Juga :   Tips Tepat Rawat Tanaman Kaktus Hias

Menghindari situasi yang dapat membuat kamu merasakan emosi negatif. Seperti, Ketika kamu mudah kesal saat terburu-buru atau terjebak macet, kamu dapat mengatur waktu untuk berangkat saat arus jalan sedang tidak terlalu macet. Apabila emosi tersebut datang saat melihat media sosial atau bahkan datang saat bersama orang-orang tertentu, tidak ada salahnya jika beristirahat sejenak dari media sosial atau bertemu dengan orang-orang tersebut.

  1. Melakukan aktivitas yang menyenangkan

Melakukan aktivitas yang menyenangkan dapat membawa pengaruh positif bagi hidup Anda, misalnya:

  • Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, namun juga merupakan sarana untuk mengelola stres. Yoga, tai chi, dan aerobik adalah beberapa contoh latihan fisik yang baik bagi kesehatan mental.
  • Mempelajari keahlian baru seperti mempelajari bahasa atau pun alat musik yang dapat membangkitkan kepercayaan diri dan menjadi salah satu cara yang baik untuk mengendalikan emosi.
  • Menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga, sahabat, atau tetangga, yang bisa dapat membuat nyaman. Keluarga dan sahabat bisa menjadi tempat berbagi ketika kamu sedang menghadapi kesulitan atau permasalahan yang berat.
  • Memberikan senyum, waktu, atau bantuan untuk orang lain. Semua hal ini dapat membawa pengaruh positif bagi diri kamu dan juga orang lain. Mencoba mengikuti program bakti sosial, menjadi relawan, atau mendonorkan darah.