oleh

Doa Minta Panjang Umur di Bulan Rajab

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com Bulan Rajab 1442 Hijriah jatuh pada 13 Februari2021, Sabtu besok. Umat Islam biasanya menyambut bulan Rajab dengan melaksanakan amalan-amalan sunnah seperti puasa dan amalan kebaikan lainnya. Sebab bulan Rajab merupakan bulan yang dimuliakan dan pertanda bahwa bulan Ramadan segera tiba.

Oleh sebab itu umat Isllam diajarkan untuk melafalkan doa panjang umur agar dipertemukan dengan bulan mulia Sya’ban dan Ramadan.

Doa panjang umur tersebut dicontohkan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis.

كان إذا دخل رجب قال اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان

Artinya, “Jika masuk bulan Rajab, Rasulullah berdoa, ‘Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Sya‘ban. Sampaikan kami ke Bulan Ramadhan.’”

Baca Juga :   Doa dan Bacaan Zikir Pagi di Waktu Mustajab Usai Salat Subuh

Baca juga: Dua Keutamaan yang Dianjurkan di Bulan Muharram

Melansir NU online, Syekh Ibnu Rajab menyimpulkan bahwa riwayat ini menganjurkan umat Islam untuk memohon panjang umur dengan niat untuk menambah kebaikan dan beramal saleh di masa mendatang.

Pandangan Ibnu Rajab ini dikutip oleh Syekh Abdur Rauf Al-Munawi ketika mensyarahkan kumpulan hadis Jami‘us Shaghir berikut ini:

 قال ابن رجب: فيه أن دليل ندب الدعاء بالبقاء إلى الأزمان الفاضلة لإدراك الأعمال الصالحة فيها فإن المؤمن لا يزيده عمره إلا خيرا.

Artinya, “Syekh Ibnu Rajab mengatakan, pada hadits ini terdapat dalil anjuran doa panjang umur hingga waktu-waktu utama (Ramadhan) agar dapat melakukan amal saleh di waktu-waktu tersebut. Pasalnya, tidak bertambah usia orang beriman melainkan bertambah kebaikannya,” (Lihat Abdur Rauf Al-Munawi, Faidhul Qadir bi Syarhi Jami‘is Shaghir, [Beirut, Darul Makrifah, 1972 M/1391 H], cetakan kedua, juz V, halaman 131).

Baca Juga :   Ancaman Pemimpin Zalim, Didoakan Kesukaran hingga Api Neraka

Baca juga: Lirik Lagu Syaikhona dan Artinya

Berikut lafal doa meminta panjang umur dalam menyambut bulan Rajab yang lazim dibaca:

 اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allâhumma bârik lanâ fî Rajaba wa Sya‘bâna wa ballighnâ Ramadhânâ

Artinya, “Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban. Sampaikan kami dengan Bulan Ramadhan.” (*)

Baca juga: Segudang Manfaat Saat Menjalan Ibadah Puasa Sunnah

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa