oleh

Tingkatkan Ekonomi, Pemprov Jateng Dukung Pariwisata Halal

Semarang, Mitrapost.com – Wacana pengembangan pariwisata halal kian digencarkan lantaran dinilai mampu menguatkan ekonomi masyarakat. Hal ini juga turut didukung oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.

“Sekarang banyak wisatawan lokal maupun luar negeri mengidamkan berwisata halal. Mari kita tangkap potensi wisata halal di Jawa Tengah, seperti kuliner halal, festival desainer busana muslim, penginapan syariah, rumah makan, serta wisata religi,” kata Gus Yasin di sela webinar nasional dengan tema ‘Masjid Sebagai Basis Pemberdayaan Ekonomi Umat’ di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Rabu (17/2/2021).

Gus Yasin mencontohkan MAJT di Kota Semarang yang memiliki daya tarik wisata religi dan mampu menumbuhkan ekonomi di kawasan setempat mulai dari kuliner hingga tempat penginapan.

“Di sekitar MAJT ada penginapan, pertokoan, restoran, dan lain sebagainya. Ayo kita desain supaya menarik pengunjung berwisata religi dan berbelanja di sekitar masjid.”

Baca juga: Bakal Jadi Destinasi Wisata, Pantai Indah Kemangi Ditanami Cemara

Dukungan pemerintah provinsi pada wisata halal, salah satunya dengan mendorong pengembangan wisata kuliner. Yakni dengan pendampingan UKM dari cara meningkatkan kualitas produk hingga memfasilitasi mereka untuk mendapatkan sertifikat halal.

“Kami (pemerintah provinsi) saat ini sudah kita giatkan, setiap tahun kita mendampingi UKM, setiap tahun kita mendampingi pelatihan-pelatihan ekonomi. Yang tentu kita arahkan juga bukan hanya kualitas sajian, bukan hanya tampilan, tetapi kita dorong untuk kita fasilitasi mereka mendapatkan sertifikat halal,” jelas Gus Yasin.

Baca juga: Dispertan Pati Dorong APKI Budidayakan Kelapa Kopyor

Lebih Lanjut, Wagub mengingatkan, pada 2019 Provinsi Jawa Tengah mendapat penghargaan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) sebagai Wisata Halal Unggulan.

Penghargaan diberikan karena destinasi wisata di Provinsi Jawa Tengah dinilai memberikan akses kenyamanan bagi wisatawan muslim. Mulai dari fasilitas yang disediakan hingga pendukung lainnya, seperti kuliner, cendera mata, dan sebagainya. (*)

Baca juga: Pemkab Banyumas Buka Objek Wisata, Ini Syaratnya

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait