oleh

Pelaksanaan Sekolah Tatap Muka Masih Menunggu Izin

Pandawa BPJS JKN PATI

Rembang, Mitrapost.com Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang, Mardi, mengatakan bahwa evaluasi simulasi sekolah tatap muka masih belum dibuka di tahun 2021. Hal yang sama berlaku di semua sekolah, belum ada izin pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

“Belum ada, kita kan terikat oleh regulasi dari bupati, belum ada,” ujar Mardi, Rabu (24/2/2021).

BPKAD Pati

Meski demikian, penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang SD dan SMP telah terlaksana di Kabupaten Rembang.

Namun jika new normal dan izin sekolah secara tatap muka diberlakukan, lanjut Mardi, Dindikpora sudah memiliki scenario pelaksanaannya. Yakni dengan mengurangi jam belajar serta dengan system shift.

Sedangkan simulasi pelaksanaannya sudah pernah dilakukan di sejumlah sekolah sehingga jika izin sudah ada maka semua sekolah sudah siap.

Baca Juga :   Pembangunan Zona Integritas, Pemkab Rembang Wujudkan Sistem Birokrasi Sehat

Baca juga: Puluhan Sekolah Raudhatul Athfal di Semarang Terendam Banjir

Hingga saat ini, kata Mardi, seluruh kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap dilakukan di rumah secara daring. Selain itu hanya 40-50 persen guru dan petugas yang bekerja di sekolah selebihnya bekerja dari rumah.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat dan guru tidak perlu pusing karena belum adanya izin pembelajaran secara tatap muka. Sebab kondisi pandemi Covid-19 memang berbeda dari kondisi normal.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengeluarkan izin menyelenggarakan sekolah tatap muka di tengah pandemi mulai Januari 2021.

“Mulai Januari 2021, ada tiga pihak yang menentukan apakah sekolah itu boleh dibuka atau tidak. Yang pertama adalah pemdanya sendiri, pemda atau dalam situasi yang lain kanwil atau kantor Kemenag,” ucap Nadiem Makarim dalam siaran YouTube Kemendikbud RI, Jumat (20/11/2021).

Baca Juga :   Seniman di Rembang dapat Lampu Hijau untuk Pentas

Namun kebijakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih belum mengizinkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di daerahnya pada Januari 2021. (*)

Baca juga: Sekolah Boleh Himpun Iuran dari Orang Tua, Tapi Ada Syaratnya

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Berita Terkait