oleh

Video : BPP Kecamatan Gabus Gencarkan Penyuluhan Sistem Pertanian Organik

Pati, Mitrapost.com – Di saat petani di Kabupaten Pati gagal panen karena puso akibat bencana banjir, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Gabus memberikan penyuluhan tentang sistem pertanian organik.

“Saat ini kami sedang menggencarkan sistem pertanian organic,” ujar Eni Prasetyowati selaku Koordinator BPP Gabus, Kamis (25/2/2021).

Hal ini karena Kecamatan Gabus merupakan daerah pertama di Kabupaten Pati yang memperoleh sertifikat pertanian organik. Diantaranya adalah kelompok tani Bancak, Desa Gabus yang kini telah diberikan hak menggunakan logo organik pada produknya.

Salah satu dalam penyuluhan pertanian organik adalah program IPDMIP yakni sekolah lapang (SL) yang merupakan proses pembelajaran nonformal bagi para petani untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengenali potensi, menyusun rencana usaha tani, identifikasi masalah, dan pemecahannya, serta meningkatkan ketahanan pangan dari hasil produksi pertanian.

“Adanya sekolah lapang ini diharapkan mampu memberi ilmu tentang pertanian kepada petani, sehingga membantu meningkatkan pendapatan petani,” ungkap Eni.

Menurutnya, sekolah lapang mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) petani.

Dalam implementasinya, BPP melakukan diskusi tentang berbagai hal seputar pertanian. Antara lain menentukan jadwal pemberian materi, memetakan lahan pertanian, dan penyuluhan secara teori maupun praktik di lapangan.

Tentang Penulis: Redaksi Video

Gambar Gravatar
Tim Redaksi Khusus Video dan Konten

Berita Terkait