oleh

RSUD RAA Soewondo Pati Terapkan Prosedur Khusus untuk Cegah Covid-19

Pati, Mitrapost.com – Di masa pendemi Coronavirus Disease (Covid-19) ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo Pati mempunyai dan menerapkan prosedur khusus.

Prosedur khusus ini diterapkan agar para tenaga kesehatan (nakes) maupun pasiennya terhindar dari penularan virus corona. Salah satu prosedur tersebut diterapkan di Poli Gigi Anak.

Plt Direktur RSUD RAA Soewondo Pati, Pirno, melalui dokter Poli Gigi Anak, drg Yunita Karolina, MDSc, Sp KGA menjelaskan prosedur khusus ini dimulai dari tahap pendaftaran hingga pemeriksaan pasien.

Baca juga: Ada 67 Pasien Covid-19 di RSUD Soewondo Pati

“Di tahapan pendaftaran biasanya sudah skrining. Kita kan tanyakan dulu riwayatnya. Kemudian ada pemeriksaan suhu. Untuk beberapa kasus yang mencurigakan juga kita sarankan untuk rapid test antigen terlebih dahulu,” ujar Yunita saat ditemui Mitrapost.com di RSUD RAA Soewondo, Sabtu (27/2/2021) lalu.

Yunita mengatakan di Poli Gigi Anak anak sendiri menyiapkan alat khusus sendiri, salah satunya vacuum aetosol. Vacuum Aerosol ini dinilai ampuh mencegah penyebaran virus Corona ketika dokter melakukan pemeriksaan pasien.

Baca juga: Resmi, Laboratorium PCR RSUD Soewondo Pati Bisa Tes 180 Spesimen Sehari

“Jadi ketika kita melakukan tindakan kepada pasien yang sakit gigi itu kan kadang menggunakan bur. Nah itu biasanya mengeluarkan Aerosol. Supaya ndak mobar-mabor kumannya, makanya ada alat Vacuum Aerosol ini,” terang Yunita.

Pihaknya juga selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) ketika merawat dan melayani pasien. “Kemudian protokol kesehan tetap kita terapkan,” tandasnya. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait