oleh

Fluktuasi Harga Cabai di Pati, Terkendala Distribusi

Pati, Mitrapost.com Harga cabai rawit merah tempati harga tertinggi dibandingkan harga cabai lannya, yakni pada kisaran Rp88.000 sampai Rp95.000 per kilo. Data tersebut berdasarkan analisis pasar hasil pertanian (APHP) Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati.

Petugas Fungsional APHP Dispertan Pati, Rusmilah merincikan untuk cabai merah keriting menginjak harga berkisar Rp45.000-Rp 55.000 per kg. Cabai merah besar/ lompong berkisar Rp50.000-Rp 60.000 per kg. Sementara cabai rawit hijau dengan harga Rp70.000-Rp 75.000 per kg.

“Dari beberapa varietas cabai tersebut, harga paling tinggi adalah harga cabai rawit merah,” ujar Rusmilah saat dihubungi kemarin, Senin (1/3/2021).

Menurut Rusmilah, harga tanaman holtikultura seperti cabai, kol, wortel dan bawang merah sangat fluktuatif. Salah satu penyebabnya karena minimnya stok pedagang akibat terhambatnya distribusi.

“Stok cabai yang berkurang akibat terhambatnya distribusi menyebabkan kelangkaan pasokan cabai di Pati. Selain itu, apabila terjadi hambatan dalam transportasi maka akan memberatkan ongkos kendala distribusi menambah ongkos biaya dan harga menjadi naik pada tingkat konsumen. Realita di lapangan, jalan banyak yang rusak, dan banjir,” paparnya.

Baca juga: Tingkatkan Pertanian Kelapa di Pati, Bakal Ada Penambahan 1.500 Bibit

Sedangkan pasokan cabai Kabupaten Pati rata-rata didatangkan dari Bandungan, Kabupaten Semarang seperti cabai merah keriting taro, cabai rawit merah, dan cabai rawit hijau. Sementara cabai yang dipasok dari Pati, hanya cabai merah keriting /cabai tampar.

Gangguan transportasi tersebut, lanjut Rusmilah, membuat waktu pengiriman barang menjadi lebih lama.

Selain itu, fluktuasi harga juga disebabkan karena adanya perubahan penawaran dan permintaan yang menimbulkan tidak stabilnya harga. Sehingga setiap hari, Dispertan memantau dan menganalisa harga tanaman holtikultura.

“Setiap hari, kami melaporkan di Sistem Informasi Pasar Holtukultura (Sipashortik). Dalam pelaporan tersebut diantaranya menginformasikan harga kepada publik. Karena informasi ini diakses seluruh Indonesia,” pungkasnya. (*)

Baca juga: Harga Cabai Semakin Pedas Ketika Musim Hujan

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

 

Berita Terkait