oleh

Polda Jateng Nilai PPKM Mikro Efektif Tekan Covid-19

Semarang, Mitrapost.com – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro selama 20 hari, dinilai menunjukkan hasil efektif dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di Jateng.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna saat ditemui di Mapolda Jateng, Selasa (2/3/2021).

Iskandar mengatakan, saat ini seluruh desa atau kelurahan di Jateng sudah terbentuk PPKM mikro dan telah melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 secara baik.

Baca juga: Aksi Koboi Anggota Polda Metro Jaya, Bripka CS Kena Pasal 338 KUHP

“Angkanya sudah jelas kalau kita lihat di Jawa Tengah itu menurun. Dari yang terpapar tadinya itu belasan ribu angkanya, sekarang tinggal 4-5 ribu kalau tidak salah. Ini selama 20 hari ya PPKM mikro. Kalau kita melihat cukup efektif ini PPKM mikro, dari angka saja kita lihat sudah menurun jauh. Artinya tidak ada lagi zona merah dan oranye, yang ada sekarang zona kuning dan hijau yang ada di Jawa Tengah ini,” katanya.

Ia menjelaskan, kesuksesan ini juga dibantu oleh banyaknya anggota kepolisian yang terlibat di dalamnya.

Sebab, anggota kepolisian juga ikut serta dalam melakukan upaya pencegahan dan upaya tracing untuk mencari kasus aktif Covid-19 demi memcegah penularan kasus yang lebih besar.

Baca juga: Ojo Ngelanggar Lur! Polda Jateng Sudah Pasang 27 Speedcam ETLE

“Kami juga mendatangi rumah dan orang yang Covid-19. Kita berikan bantuan sembako masker dan buah-buahan untuk meningkatkan imun. Jadi yang di isolasi senang karena dikunjungi diperhatikan. Inilah gunanya pemerintah berlakukan PPKM Mikro,” ungkapnya

Iskandar meminta kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk mendisiplinkan masyarakat yang terkonfirmasi virus corona untuk berada di rumah karantina agar menghindari penularan.

Berita Terkait