Lab Kultur Embrio Diharapkan Mampu Tingkatkan Produksi Kelapa Kopyor

Pati, Mitrapost.com Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati manfaatkan laboratorium kultur embrio kelapa kopyor untuk meningkatkan produktivitas petani kelapa.

Kepala Bidang Perkebunan, Gunawan, mengatakan dengan adanya laboratorium tersebut Kabupaten Pati bisa menjadi sentra kelapa kopyor tingkat nasional.

“Untuk meningkatkan produktivitas kelapa kopyor, Dinas Pertanian Kabupaten Pati sudah membangun laboratorium kultur embiro kelapa kopyor,” kata Gunawan saat ditemui di kantornya, Rabu (3/3/2021).

Fasilitas yang berlokasi di BPP Pati, Jalan Syeh Jangkung Pati kota ini dibangun pada tahun 2020, akan tetapi laboratorium belum bisa beroperasi maksimal lantaran terkendala biaya operasional.

“Oleh karena itu dibutuhkan dukungan dari Pemda (Pemerintah Daerah) untuk operasional laboratorium tersebut,” imbuh Gunawan.

Baca Juga :   Dispertan Pati Pastikan Penjualan Tembakau Berjalan Baik

Baca juga: Tingkatkan Pertanian Kelapa di Pati, Bakal Ada Penambahan 1.500 Bibit

Secara teknis, untuk membuat bibit kultur embrio sampai dengan siap tanam diperlukan waktu kurang lebih dua tahun. Satu tahun proses di laboratorium dan satu tahun untuk proses aklimatisasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati