oleh

Dewan Pati Dukung Refocusing Anggaran untuk Vaksinasi

Pati, Mitrapost.com Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah, mendukung kebijakan Pemkab Pati dalam memaksimalkan refocusing APBD untuk vaksinasi Covid-19 tahun ini.

Muntamah menyadari bahwa agenda-agenda ini menuntut berbagai sektor untuk melakukan improvisasi, termasuk diantaranya pembangunan infrastruktur dan program penunjang perekonomian.

Namun dari semua itu, menganggarkan dana untuk vaksinasi dan penanganan Covid-19 dianggapnya  lebih penting. Jika program vaksinasi Covid-19 berhasil, roda perekonomian dapat berputar kembali.

“Menurut saya yang saat ini diprioritaskan ya harus kesehatan. Itu yang utama. Jika kesehatan penduduk baik pasti akan mengimbas ke ekonomi lainnya,” kata Politisi dari Partai PKB itu saat ditemui di kantornya, Senin (15/3/2021) kemarin.

Baca juga: Anggaran Diskominfo Pati Kena Refocusing Rp2 Miliar

Program vaksinasi Covid-19 hingga saat ini telah sampai di tahap dua. Nakes dan tokoh publik sudah divaksin sebanyak dua kali.

Dalam waktu dekat, vaksinasi Covid-19 akan menyasar pada masyarakat sipil. Oleh sebab itu Muntamah mengimbau agar masyarakat kooperatif mengikuti vaksin dari pemerintah.

“Tidak usah resah dengan isu efek vaksin atau varian virus covid baru. Sebetulnya resah itu kan menurunkan imun tubuh. Bagaimana bisa tidak resah ya ikhtiar. Ikhtiarnya apa? Ya vaksinasi itu,” ujar anggota Komisi D ini.

Baca juga: Kebut Vaksinasi Lansia di Jepara, 2.337 Orang Telah Disuntik 

Pemerintah menganggarkan sekitar Rp138 milliar untuk penanganan Covid-19 lanjutan dan suksesi program vaksinasi Covid-19 oleh dinas kesehtan.

Untuk program vaksin Covid-19 sendiri memangkas 8 persen atau sekitar Rp90 milliar dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH). Dana ini digunakan untuk operasional pengadaan vaksin dan meng-cover honorarium vaksinator tenaga medis. Sisanya digunakan untuk menanggulangi efek samping pasca vaksin. (Adv)

Baca juga: Untuk Ikuti Pilkades, Keterlambatan APBDes Hari Ini Harus Diselesaikan

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait