oleh

Refocusing Anggaran ke Sektor Kesehatan Dinilai Bisa Pulihkan Ekonomi

Pati, Mitrapost.com Dewan Pati mengapresiasi pemerintah yang melakukan refocusing anggaran untuk peningkatan penanganan kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Refocusing APBD harus diprioritaskan untuk kesehatan, karena kesehatan adalah yang utama,” ujar Muntamah, anggota Komisi D DPRD Pati, Sabtu (13/3/2021).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut menyampaikan bahwa fasilitasi kesehatan dapat berimbas baik untuk pemulihan ekonomi. Sebab saat pandemi ini roda perekonomian tersendat oleh aturan-aturan protokol kesehatan.

“Jika taraf kesehatan membaik maka akan berimbas pada pemulihan ekonomi,” ungkapnya.

Baca juga: Partisipan Perempuan di Badan Legislatif Masih Minim

Pengalihfungsian anggaran ke sektor kesehatan menurut anggota dewan yang duduk di Komisi D ini juga sangat mendukung peningkatan pengadaan perangkat medis dan mutu pelayanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya langkah tersebut cukup efektif.

Dari semua refocusing anggaran pada sektor kesehatan, yang terpenting adalah vaksinasi dan penanganan Covid-19, dan antisipasi efek samping usai divaksinasi.

Perlu diketahui, pemerintah menganggarkan Rp138 miliar untuk penanganan Covid-19. Dana tersebut digunakan untuk operasional pengadaan vaksin dan meng-cover honor tenaga medis. Sisanya digunakan untuk menanggulangi efek samping usai divaksin.

Baca juga: Anggaran Diskominfo Pati Kena Refocusing Rp2 Miliar

Menurut Turi Atmoko, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), mengatakan pada 2021 telah dianggarkan Rp71 miliar untuk pengendalian Covid-19 di Pati. Akan tetapi hanya Rp52 miliar yang dipakai untuk belanja penanganan Covid-19 di bidang kesehatan, pemulihan ekonomi, dan pengaman sosial.

“Kami berharap anggaran dipergunakan seefektif mungkin,” pungkas Turi. (Adv)

Baca juga: Vaksinasi Diharapkan Tumbuhkan Ekonomi di Masa Pendemi

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Berita Terkait