oleh

Sambut Bulan Ramadan, 3 Amalan Malam Nisfu Syaban

Mitrapost.com – Bulan Syaban adalah bulan kedelapan dalam 12 penanggalan Hijriyah, di mana tanggal 1 Syaban 1442 H akan jatuh di hari Senin, 15 Maret 2021. Nisfu artinya pertengahan, sehingga Nisfu Sya’ban berarti pertengahan bulan Syaban.

Ada banyak peristiwa yang terjadi pada bulan Syaban, diantaranya Rajab dan Ramadan, di antara bulan itu ada malam yang disebut Nisfu Syaban yang akan jatuh dipertengahan bulan Syaban atau tanggal 28 Maret 2021. Malam itu adalah malam yang istimewa, karena disinilah banyak diberikan pengampunan dan semua amalan dinaikan ke langit.

BPKAD Pati

Keistimewaan yang lain adalah: Pada malam Nisfu Syaban Allah mendatangi seluruh mahkluk-Nya. Hadits ini dhaif, Allah mengampuni hamba-Nya kecuali yang bermusuhan dan membunuh jiwa.

Baca juga: Amalan Ibadah yang Boleh Dilakukan Saat Haid

Malam ini juga dijadikan sebagai cara untuk menghapus dosa selama satu tahun, hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan HR Al-Imam As-Subkiy “Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Syaban. Maka Dia mengampuni semua makhluk-Nya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.”

Diperkuat dengan adanya hadist HR Ahmad, Ibnu Majah, dan Turmudzi.Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla akan turun ke langit dunia pada malam Nisfu Syaban dan mengampuni (dosa) yang banyaknya melebihi jumlah bulu domba dari Bani Kalb.”

Malam ini digunakan untuk memperbanyak amalan untuk menambah pahala yang kita peroleh.

Baca juga: Amalan Sunnah di Hari Jumat Bagi Wanita

Amalan-amalan yang dianjurkan

Istighfar

Istighfar adalah cara untuk meminta ampunan kepada Allah SWT sebab, sebagai manusia tentu kita tak luput dari kesalahan dan dosa. Diharapkan dengan memperbanyak istigfar dapat diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT, terutama ketika malam nisfu syaban

Membaca Yasin 3 Kali

Tujuannya bertawassul lewat amal shalih dan Alquran, untuk keperluan dan hajat yang diinginkan.

Baca juga: Amalan Sunnah di Hari Jumat Bagi Wanita

Membaca Dua Kalimat Syahadat

Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan: “Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya.”

Selain melalui amalan di atas umat muslim juga dianjurkan untuk memerbanyak berdzikir untuk memperbanyak pahala, istighfar untuk memohon ampunan dan rezeki, serta memperbanyak doa untuk kelancaran di dunia dan akhirat.

Rasulullah SAW berkata bahwa bulan Syaban sering kali dilupakan umat muslim, karena berada di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Sementara bulan Ramadhan lebih mendapat tempat, karena diwajibkan atas umat muslim berpuasa dan menunaikan zakat.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait