Kota Salatiga Dicanangkan Jadi Kota Empat Pilar dan Kota Vanili

Salatiga, Mitrapost.com Kota Salatiga masuk dalam pencanangan sebagai Kota Empat Pilar dan Kota Vanili. Hal ini mendapat dukungan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar mengatakan hal itu sesuai dengan pengalaman Salatiga yang berkali-kali menjadi kota toleran, juga kota kreatif dalam mengolah bahan pangan menjadi produk yang variatif.

“Ada banyak hal yang membuat kita mau ke kota ini. Salatiga ini berkali-kali memang menjadi kota toleran. Jadi tepat kalau dicanangkan sebagai Kota Empat Pilar. Kita harus bisa memberikan contoh baik terkait toleransi, termasuk narasi-narasi dengan budaya,” katanya, di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Rabu (31/3/2021).

Sedangkan Kota Vanili, Ganjar menilai pilihan tanaman vanili untuk dikembangkan sangat tepat. Apalagi dengan program satu rumah 10 pohon. Selain cuaca Salatiga yang cocok, harga vanili di pasaran juga sedang bagus, bahkan ekspor ke negara lain juga bagus.

Baca Juga :   Ambulans Unik dari Kabupaten Magelang

“Bicara Kota Vanili tidak berhenti dalam arti menanam. Itu saja tidak cukup. Harapan kami nanti ada hilirisasi sampai ke tingkat processing bahkan fermentasi, sehingga harga jual bisa berlipat. Di sini punya pengalaman untuk processing seperti mengolah bahan singkong menjadi produk dengan banyak varian,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati