Ini Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Acar

Mitrapost.com – Olahan dari timun yang biasa disajikan bersama hidangan lokal seperti nasi goreng atau sate biasa disebut dengan acar, merupakan makanan pelengkap beberapa makanan khas Indonesia. Tak hanya di Indonesia, di Amerika, Selandia baru, Swiss, dan beberapa negara Eropa lainnya, acar pada umumnya dibuat dari mentimun dan jenis sayuran lain yang direndam dalam cuka.

Perbedaannya dengan Indonesia adalah acar yang dikenal atau yang menjadi pelengkap nasi goreng tidak melalui proses fermentasi. Sehingga rasa asamnya hanya berasal dari cuka. Kebanyakan acar yang ditemukan dan dijual bebas merupakan acar yang dibuat dengan cuka dan tidak difermentasi. Proses pembuatannya yaitu mentimun menyerap cuka dan rempah lainnya. Acar jenis ini juga mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

Baca Juga :   Merawat Rambut Rontok dengan Jus Seledri

Seperti sayuran pada umumnya, kandungan air pada acar sangat tinggi dan memiliki sedikit lemak dan protein. Acar juga tinggi akan konsentrasi vitamin karena campuran cuka dan garam mengeluarkan air dari sayuran yang menjadi bahan utamanya.

Dikutip dari hallosehat.com, mengonsumsi makanan yang difermentasi dapat membantu segala kondisi kesehatan mulai dari resistensi insulin hingga peradangan. Dan berikut manfaat acar untuk kesehatan diantaranya:

Baca juga: Segudang Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

  1. Sumber antioksidan

Saat buah atau sayur mentah disimpan tanpa dimasak terlebih dahulu, kandungan antioksidan di dalamnya tetap terjaga. Antioksidan merupakan mikronutrien yang membantu tubuh melawan serangan radikal bebas.

Memasak segala jenis makanan dapat menghilangkan nutrisi yang sensitif terhadap panas termasuk antioksidan. Sehingga, buah atau sayur yang dijadikan acar menyimpan banyak antioksidan.

  1. Menyediakan mineral dan vitamin penting

Mengonsumsi acar tidak hanya lezat, tetapi juga memberi vitamin penting seperti vitamin C, A, K, folat dan mineral seperti, zat besi, kalsium dan potasium.

Baca Juga :   Calendula, Bunga dengan Berbagai Manfaat

Vitamin dan mineral merupakan mikronutrien yang sangat dibutuhkan tubuh. Manfaat acar ini di antaranya untuk melindungi dari penyakit, membantu membangun imunitas, memperkuat tulang, memperbaiki penglihatan dan berbagai penyakit lainnya.

  1. Meningkatkan sensitivitas insulin

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi acar yang dibuat menggunakan cuka dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Menurut penelitian, cuka membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada orang dengan resistensi insulin atau diabetes tipe 2, terutama setelah mereka mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi.

Manfaat acar bisa didapatkan karena asam asetat pada cuka dapat membantu orang yang memiliki masalah kesehatan ini. Namun, tingkat konsumsi acar tetap harus dijaga untuk menghindari kelebihan asupan garam karena dapat meningkatkan tekanan darah.