oleh

Segudang Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Mitrapost.com– Buah bit merupakan salah satu jenis umbi dengan warna dominan ungu kemerahan. Memiliki bentuk seperti kentang dan mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan.

Buah bit juga dapat mencegah kelelahan, kram otot, serta detak jantung yang tidak berarutan. Hal ini dikarenakan, buah bit memiliki mineral kalium yang tinggi.

Dengan mineral kalium yang tinggi, bisa membantu otot serta saraf bekerja dengan baik. Warnanya yang merah juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami.

Baca Juga: Sejuta Manfaat Buah Kawista, Kaya Anti Oksidan Cegah Radikal Bebas

Buah bit memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut segudang manfaat buah bit.

  1. Meningkatkan Stamina

Kandungan nutrisi yang melimpah dalam buah bit, salah satunya adalah nitrat, yang berkhasiat untuk menjaga kebugaran tubuh.

Khasiat buah bit juga mampu meningtkatkan kemampuan mitokondria yang berfungsi memproduksi energi dari sel dalam tubuh.

Baca Juga: Awas! Jangan Makan Buah Ini Saat Sarapan

Hal itulah yang membuat tubuh menjadi lebih bertenaga serta menambah stamina. Buah bit juga menjadi salah satu buah yang sering dikonsumsi oleh atlet.

Melansir dari hello sehat, berdasarkan sebuah penelitian tahun 2011 yang dilakukan dengan 9 atlit pesepeda menunjukkan bahwa konsumsi buah bit dapat meningkatkan performa hingga 2,8 persen. Dengan jarak sejauh 4 kilometer (km) dan performa hingga 2,7 persen pada atlit yang menempuh jarak 16,1 km.

Baca Juga: Agar cepat pulih dari sakit, konsumsi 6 buah ini!

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Buah bit juga dipercaya dapat mengontrol tekanan darah, berdasarkan penelitian yang telah membuktikan bahwa buah bit mampu menurunkan tekanan darah hingga 4- 10 mmHg lebih rendah dalam kurun waktu beberapa jam.

Kandungan nitrat dengan konsentrasi tinggi, yang kemudian akan dikonversi menjadi oksida nitrat, dan mampu melebarkan pembuluh darah dan membuat tekanan darah menjadi menurun.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi Jeruk, Buah Sejuta Umat

  1. Mencegah Kanker

Buah bit kaya akan antioksidan yang dapat mencegah bertumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian, ekstrak dari buah bit dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara.

Hingga saat ini, para ahli masih melakukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat buah bit untuk mencegah kanker.

  1. Mengatasi Gejala Diabetes

Antioksidan yang terkandung dalam buah bit mampu menurunkan kadar gula darah. Antioksidan juga berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: Tetap Sehat dan Tubuh Terhidrasi dengan Konsumsi Buah Segar Ini

Berdasarkan penelitian tahun 2019, kandungan antioksidan yang berupa asam alfa lipoat dapat mengatasi gejala diabetes. penelitian lanjutan masih dilakukan hingga kini, untuk memastikan bahwa konsumsi buah bit bisa mengatasi gejala diabetes.

Selain mencegah 4 penyakit di atas, buah bit juga mampu untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan otak, mencegah masalah pencernaan, dan juga mengatasi peradangan.

Artikel ini telah tayang di hello sehat dengan judul: 8 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh, Termasuk Mencegah Kanker

Baca Juga:

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait