oleh

Puasa di Tengah Pandemi, Dewan: Semoga Bisa Jaga Diri dari Setan dan Virus

Pati, Mitrapost.com – Umat Islam kembali menjalankan ibadah puasa Ramadan di tengah pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19. Pada tahun lalu, puasa di tengah pandemi merupakan pertama kali dialami dan tahun ini pandemi Covid-19 belum berakhir dan memaksa umat Islam menjalani puasa di tengah pandemi.

Maka dari itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati berharap umat Islam untuk menjaga diri. Baik dari godaan setan maupun dari ancaman virus corona.

BPKAD Pati

Harapan ini diungkapkan oleh anggota DPRD Kabupaten Pati dari Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI) Narso. Selain itu, Narso juga berharap umat Islam dapat menjalankan puasa secara maksimal meskipun di tengah kekurangan.

Baca juga: News Grafis : Ramadan, Hiburan Malam Harus Tutup

“Untuk bulan puasa ini di tengah pandemi ini bulan puasa yang kedua. Semoga bisa menjalankan dengan maksimal meskipun di tengah pandemi, di tengah kekurangan,” ujar Narso, Selasa (13/4/2021).

“Dan (somoga) bisa menjaga diri, bukan hanya menjaga diri dari godaan setan tetapi juga menjaga diri dari ancaman virus,” lanjut politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Pandemi Covid-19 ini membuat ibadah-ibadah di bulan Ramadan dibatasi. Meskipun tak melarang melakukan salat berjamaah, namun ibadah ini dibatasi agar tidak terjaga kerumunan.

Baca juga: Tips Menjalani Puasa Ramadan Hari Pertama dengan Lancar

Pemerintah masih mewajibkan warganya untuk menjaga jarak. Baik ketika bekerja maupun beribadah. Saf shalat atau jarak antar jamaah harus diatur agar tercipta jaga jarak dan terhindar dari penularan virus corona.

Selain itu, jamaah juga diwajibkan memakai masker ketika berjamaah. Tak hanya itu, acara-acara perayaan seperti lailatul qadar dan pengajian tidak diperkenankan digelar secara langsung atau luar jaringan (luring).

Pemerintah juga melarang mudik lebaran pada perayaan Idul Fitri 1442 H ini. Langkah ini sama dengan langkah yang dilakukan pemerintah ketika tahun 1441 H atau 2020 M lalu. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Komentar

Berita Terkait