oleh

Tips Menjalani Puasa Ramadan Hari Pertama dengan Lancar

Mitrapost.com– Puasa Ramadan 1442 H dilaksanakan pada hari ini, 13 April 2021. Beberapa tips dapat dilakukan untuk menjalani puasa Ramadan hari pertama.

Puasa Ramadan merupakan hari yang dinantikan oleh umat Muslim. Bahkan, segala persiapan telah dilakukan untuk menyambut hari tersebut.

BPKAD Pati

Menjalankan puasa di hari pertama, tentunya bukanlah hal yang mudah untuk semua orang. Tidak jarang, beberapa diantaranya akan meraasa ngantuk, lemas, dan lain sebagainya.

Hal ini dikarenakan perubahan pola kebiasaan, seperti harus bangun sebelum Subuh untuk sahur dan juga menahan diri untuk tidak makan dan minum, hingga waktunya berbuka.

Untuk tetap bugar dan dapat menjalani puasa Ramadan di hari pertama dengan lancar, lakukan beberapa tips berikut

Baca Juga: Cara Aman dan Sehat Berbuka Puasa

  1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Dengan menkonsumsi makanan sehat dan bergizi, dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga stamina tubuh.

Konsumsilah makanan yang dapat memenuhi nutrisi harian tubuh. Misalnya dengan daging, sayuran, buah- buahan, susu, dan lain sebagainya.

Ketika nutrisi dan gizi tercukupi, maka dapat mempertahankan stamina serta mendukung sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, menjalani puasa di hari pertama Ramadan menjadi lancar.

Baca Juga: Menu Buka Puasa praktis dan lezat

  1. Perbanyak minum air putih

Hal yang juga penting adalah konsumsi air putih. Terutama ketika sahur dan juga berbuka. Kurangnya minum air putih, dapat menjadikan tubuh menjadi dehidrasi.

Dan ketika dehidrasi, maka akan menyebabkan lemas serta kurang semangat menjalankan aktivitas. Imbangi juga dengan minum susu dan juga jus buah.

Hal yang penting lainnya adalah, kurangi minum kopi, soda, dan minuman berkafein lainnya. Untuk tetap menjaga cairan dalam tubuh.

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait