oleh

Jamaah Umrah dan Haji Belum Bisa Masuk Saudi, Dewan: Gencarkan Lobi

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati meminta kepada pemerintah untuk menggencarkan lobi agar Arab Saudi mau menerima jamaah umrah dan haji Indonesia.

Seperti diberikan sebelumnya, pemerintah Arab Saudi belum memberikan lampu hijau kepada jamaah Indonesia untuk memasuki wilayahnya. Kebijakan ini diambil Pemerintah Arab Saudi lantaran Indonesia masih masuk 20 negara yang disaspen atau penularan Covid-19 masih tingkat tinggi.

BPKAD Pati

Anggota DPRD Kabupaten Pati Narso mengaku menghargai keputusan Arab Saudi ini.

Baca juga: Dewan Pati Minta Perhatikan Kesejahteraan Guru PAUD

“Kalau prinsipnya kita menghargai keputusan Arab Saudi tentang menyelenggarakan ibadah umrah dan haji. Di mana Indonesia masih masuk ke daftar negara yang tidak boleh masuk ke Arab Saudi,” ujar Narso kepada Mitrapost.com, Jumat (16/4/2021).

Meskipun demikian, ia meminta kepada pemerintah untuk melakukan lobi kepada Arab Saudi agar jamaah Indonesia dapat berangkat haji maupun umrah. Mengigat kasus Covid-19 di Indonesia saat ini cenderung melandai.

“Kita berharap ini segara ada perbaikan mengigat kasus di Indoensia sedang melandai. Ada semacam upaya diplomasi dari pemerintah kita untuk melobi pemerintah Arab Saudi supaya jamaah kita, terutama ibadah haji agar bisa masuk ke Arab Saudi,” tutur anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati ini.

Baca juga: Lansia Diatas 60 Tahun Belum Bisa Berhaji Tahun Ini

Meskipun pemerintah Indonesia maupun jamaah haji atau umrah harus memenuhi beberapa syarat tertentu. “Karena untuk ibadah haji kan harus ada persiapan yang banyak,” kata politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

“Karena itu kita harap sedini mungkin ada kepastikan dari pihak penyelenggara ibadah haji baik di kita maupun di Arab Saudi,” tandas Ketua Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI) DPRD Kabupaten Pati ini. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Komentar

Berita Terkait