Penting Digunakan saat beraktivitas, Ini Manfaat Tabir Surya

Mitrapost.com – Sinar matahari mengandung UVA yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Selain UVA, kandungan UVB pada sinar matahari adalah penyebab utama kulit terbakar akibat sengatan matahari. Penggunaan tabir surya dengan kandungan SPF (Sun Protection Factor) sangat penting untuk mencegah efek UVA dan UVB saat beraktivitas di luar ruangan.

Untuk mencegah efek buruk sinar matahari, gunakan tabir surya dengan kandungan SPF 24 atau lebih. Nilai SPF sendiri mengindikasikan waktu yang dibutuhkan kulit hingga terbakar jika memakai lotion SPF dibandingkan jika tidak memakainya. Meski setinggi apa pun kandungan SPF, sayangnya tetap tidak bisa mencegah paparan sinar matahari sepenuhnya.

Melindungi Kulit dari Radiasi

Sebenarnya sinar UVB juga diperlukan bagi tubuh untuk membantu meningkatkan pembentukan vitamin D di kulit. Namun, radiasi sinar UVB yang terlalu tinggi dapat menimbulkan risiko kulit terbakar bahkan meningkatkan risiko kanker kulit melanoma.

Baca Juga :   Waktu yang Tepat Menggunakan Tabir Surya

Baca juga: 6 Kulit Buah Kaya Nutrisi, Jangan Dibuang!

Bahaya-bahaya seperti itulah yang harus dihindari dengan cara melindungi kulit dengan mengoleskan tabir surya, terutama saat berada di luar ruangan. Sebab, sinar matahari dan radiasinya dapat menyerang kapan saja.

Ketika memilih lotion SPF, maka perhatikan angka SPF yang tertera pada kemasan. Berdasarkan pemelitian, lotion SPF 24 akan menghambat sekitar 97 persen sinar UVB, sedangkan SPF 50 menghambat sekitar 98 persen sinar UVB.

Cara Menggunakan Tabir Surya yang Tepat

Dilansir dari alodokter.com, terdapat beberapa hal perlu diperhatikan ketika membeli tabir surya, seperti:

  • Pilih tabir surya dengan spektrum luas yang melindungi tidak hanya terhadap sinar UVB, tetapi juga UVA.
  • Pilih tabir surya yang mengandung SPF setidaknya 24.
  • Lihat tanggal kadaluarsa produk pada kemasan. Hal ini dikarenakan beberapa zat dalam tabir surya mungkin mengalami kerusakan seiring waktu.
  • Pilih tabir surya yang tahan air jika akan melakukan kegiatan yang membuat berkeringat atau dilakukan di air seperti berenang.
Baca Juga :   Manfaat Bubble Wrap, dari Packing Hingga Meredakan Stress

Baca juga: Kulit Glowing Seketika, 5 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati