oleh

Tiga Waktu Terbaik Berolahraga Saat Puasa

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com Meski kondisi tubuh tak seprima saat tidak berpuasa, namun menjaga kebugaran tubuh juga penting dilakukan. Olahraga penting dilakukan sebab mampu memberikan pengaruh positif pada tubuh.

Akan tetapi waktu dan intensitas olahraga harus diperhatikan, sebab olahraga secara berlebihan saat kondisi perut kosong justru dapat memberikan dampak buruk.

BPKAD Pati

Lalu, kapan waktu yang ideal melakukan olahraga di bulan puasa?

Baca juga: Tips Olahraga di Bulan Ramadan

Sebelum berbuka puasa

Melansir laman laman Hello Sehat, waktu yang baik melakukan olahraga saat puasa adalah sesaat sebelum waktu berbuka. Yakni antara 30 sampai 60 menit menjelang berbuka, waktu tersebut dapat membantu menghilangkan lebih banyak. Terlebih tubuh akan segera mendapatkan asupan makanan untuk menggantikan energi yang hilang.

Baca Juga :   Manfaat Anggur bagi Kesehatan, Cegah Kanker hingga Penyakit Kronis

Namun olahraga menjelang berbuka puasa ini tergantung kondisi fisik dan kebugaran tubuh setiap individu. Dengan sisa energi yang ada, hendaknya intensitas olahraga menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Setelah buka puasa

Melansir laman Islamcity, waktu terbaik berolahraga di bulan puasa adalah setelah berbuka puasa, sebab saat itu tubuh telah mendapatkan kembali energi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Beri jeda dua hingga jam untuk mencerna makanan setelah buka puasa. Karena tubuh telah mendapatkan energi, maka olahraga yang dilakukan bisa lebih beragam mulai dari olahraga ringan sampai berat dengan intensitas waktu sesuai keinginan.

Baca juga: Lari Sore dan Keuntungannya Bagi Tubuh

Setelah sahur

Pilihan waktu lain untuk olahraga saat berpuasa adalah setelah makan sahur. Pada kondisi ini tubuh sudah menerima energi sehingga tubuh lebih siap diajak olahraga.

Baca Juga :   Lari Sore dan Keuntungannya Bagi Tubuh

Meski masih memiliki energi saat pasca sahur, sebaiknya juga menyimpan energi untuk aktivitas lainnya selama menjalankan puasa. Oleh sebab itu, jenis olahraga yang dilakukan seharusnya yang memiliki intensitas ringan dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama. (*)

Baca juga: Aman Berpuasa Bagi Penderita GERD, Perhatikan Tips Berikut

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait