oleh

Lari Sore dan Keuntungannya Bagi Tubuh

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dapat dilakukan dengan berolahraha. Namun jika tak sempat melakukan olahraga di pagi hari maka olahraga saat sore bisa menjadi alternatif lain. Olahraga sederhana seperti lari di sore hari dapat memberikan dampak baik bagi tubuh.

Melansir Alo Dokter, lari di sore hari menurut penelitian dapat meningkatkan performa tubuh. Disebutkan bahwa performa tubuh akan meningkat di sore hari, tepatnya sekitar pukul 2–6 petang. Pada waktu ini, fungsi tubuh, termasuk fungsi otot, berada dalam level yang optimal. Selain itu, pada sore hari penyerapan oksigen dalam tubuh menjadi lebih tinggi.

BPKAD Pati

Meningkatnya kemampuan tubuh dalam menyerap oksigen, membuat tubuh menjadi lebih efektif dalam menggunakan energi sehingga olahraga bisa menjadi lebih optimal, khususnya ketika melakukan olahraga berintensitas tinggi.

Baca Juga :   Efek Samping Timun, Mengandung Senyawa Racun

Baca juga: Olahraga Ringan yang Cocok untuk Lansia

Nah, berikut ini keuntungan bagi tubuh yang dapat dirasakan jika rutin melakukan lari sore

Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang berolahraga di sore hari cenderung memiliki tidur yang lebih nyenyak dan lebih lama malam harinya. Jika  sedang berusaha untuk memperbaiki pola tidur, manfaat lari sore satu ini sangat cocok untuk dilakukan.

Baca juga: Trik Olahraga tanpa Absen Ngetik di depan Komputer

Membantu melepas stres

Olahraga, termasuk lari, diketahui dapat menurunkan hormon stres dan meningkatkan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati. Berlari di sore hari bisa bermanfaat untuk melepas stres dan ketegangan yang melanda seharian, baik saat belajar atau bekerja.

Baca Juga :   Selain Menandakan Rasa Lelah, Sering Menguap Juga Dipengaruhi Adanya Gangguan Kesehatan

Lari yang dilakukan pada waktu menjelang malam juga bisa mendorong tubuh untuk mengeluarkan hormon endorphin yang dapat membantu memperbaiki suasana hati dan membuat tubuh lebih rileks.

Membakar kalori makan siang

Jika dalam program diet, lari sore bisa jadi pilihan tepat untuk membakar kalori yang telah dikonsumsi pada pagi hingga siang hari. (*)

Baca juga: Susah Buang Air Besar Ketika Menjalani Diet, Berikut Ini Penyebabnya

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Berita Terkait