oleh

Peringatan Hari Kartini Dirayakan Sederhana Tahun Ini

Rembang, Mitrapost.com Pemerintah Kabupaten Rembang melalui dinas Kebudayaan dan pariwisata Rembang mengatakan perayaan hari kelahiran pahlawan RA Kartini tahun hanya akan dilakukan secara sederhana.

Kepala Dinbudpar Kabupaten Rembang Dwi Purwanto mengatakan perayaan secara sederhana dan terbatas ini lantaran saat ini masih dalam kondisi pandemi

BPKAD Pati

“Di kegiatan hari ini Kartini yang dikemas dalam Gema Kartini 2021 di masa Covid-19 dilaksanakan dengan cara sederhana. Nanti sore diawali ziarah dinas dan perwakilan permadani ke makam RA kartini. Untuk sore harinya khataman Alquran, kira kira sampai 11 malam,” ujar Dwi di pendopo Museum Kartini pada Senin (19/4/2021).

Selanjutnya dalam perayaan dilakukan dengan mengeluarkan Pataka ke muka museum dan diinapkan semalam sebelum kirab Pataka ke makam R.A Kartini.

“Skenario kirabnya nanti perwakilan bawa mobil, jadi kita nanti dari dinas dan permadani. Paling 10 orang, karena kita mempertimbangkan segala sesuatunya,” jelas Dwi.

Baca juga: Tak Hanya di Museum, Rumah Ini Turut Jadi Saksi Perjuangan RA Kartini

Sebelum masa pandemi, penyambutan tanggal 21 April ini dilakukan secara meriah. Sejumlah kegiatan, lanjut Dwi Purwanto, seperti karnaval, lampion serta kirab selalu diadakan.

Selain itu ia menjelaskan selain pengeluaran pataka dan kunjungan ke makam Kartini, sejumlah kegiatan keagamaan juga dilakukan sebagai cara mengenang RA Kartini pernah menjadi belajar ke salah satu ulama, kiai Soleh Darat.

Kegiatan tersebut berupa tahlil di makam RA kartini serta khataman Quran. “Khataman quran kita minta temen-temen pondok, santrinya gus fahmi,” tutupnya. (*)

Baca juga: Peringati Wafatnya Tokoh Perempuan Suri Tauladan, RA Kartini

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait