3 Lagu Indonesia yang Menggambarkan Sosok Perempuan

Lagu ini menceritakan perjuangan Kartini khususnya dalam meraih hak memperoleh pengetahuan serta mimpi-mimpi sebagai seorang perempuan yang ingin diraih. Sebab seperti diketahui dulu orang yang bisa mengakses pendidikan adalah orang yang memiliki kedudukan tinggi, sementara Kartini ingin mengubahnya. Wanita bukan hanya menjadi ‘konco wingking’ tetapi juga berhak mendapatkan dan memperjuangkan yang diinginkan sebagaimana laki-laki bisa mendapatkannya.

Baca juga: Lirik Lagu Reflection Ost Mulan, Sebuah Pengungkapan Jati Diri

 Wanita

Lagu yang dinyanyikan oleh grup band Endank Soekamti ini dapat menggamparkan sosok perempuan yang penuh rahasia.

Kalau dalam lagu ini perempuan diibaratkan seperti Samudra yang luas dan dalam. Banyak hal tersembunyi di dalam diri perempuan dan banyak misteri yang menanti untuk dimengerti.

Baca Juga :   Adanya RPA, Dewan Pati Harap Perempuan Lebih Diberdayakan

Secara implisit, lagu ini memberikan gambaran bahwa perempuan pintar menyembunyikan perasaannya. Kalau dalam drama yang sering muncul sebagai meme di media sosial, kata ‘terserah’ yang terucap dari bibir seorang perempuan bisa bermakna banyak. Ada banyak emosi yang tidak diungkapkan.

Karena Wanita Ingin Dimengerti

Lagu ini tentu taka sing, khususnya para generasi 90. Lagu ini dibawakan oleh Ada Band dan liriknya juga ditulis oleh anggota band tersebut.