Olfactory Fatigue, Kondisi Tak Bisa Kenali Bau Tubuh Sendiri

Mitrapost.com Indra penciuman seseorang bisa jadi sensitif atau sulit mencium bau. Sedangkan setiap individu mempunyai aroma tubuh khas masing-masing. Meski demikian ada sebagian orang yang tidak bisa mengenali atau mencium bau tubuhnya sendiri.

Melansir laman Klik Dokter, jurnal Nature mengungkapkan bahwa manusia memiliki kemampuan untuk mencium hingga 1 triliun jenis bau di dunia.

Olfactory fatigue

Seorang psikolog bernama Pamela Dalton dari Monell Chemical Senses Center, Philadelphia menyebutkan bahwa ketidakmampuan hidung mendeteksi bau badan sendiri dikenal dengan sebutan olfactory fatigue. Yaitu indra penciuman yang telah terbiasa mengenali bau tertentu yang menyebabkan reseptor hidung lelah hingga berhenti mendeteksi bau tersebut.

Ketika mencium bau tertentu untuk pertama kalinya, reseptor bau di hidung akan mengirimkan sinyal ke otak dan menentukan apakah bau ini termasuk bau yang wangi atau tidak enak.

Baca Juga :   Susah Buang Air Besar Ketika Menjalani Diet, Berikut Ini Penyebabnya

Saat bau sudah terdeteksi, maka otak akan terbiasa menerima sinyal bau tersebut, terlebih jika setiap hari ada bau yang sama. Saking sudah terbiasanya, otak akan menganggapnya sebagai “informasi” yang tidak penting lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati