5 Makanan Picu Munculnya Jerawat di Wajah

Mitrapost.com – Jerawat menjadi salah satu persoalan kulit yang sering dialami banyak orang. Meski terbilang wajar, keberadaan jerawat di wajah bisa menghilangkan kepercayaan diri.

Banyak hal yang mempengaruhi kemunculan jerawat di wajah. Diantaranya, pola hidup, produk kecantikan, hingga jenis makanan. Beberapa jenis makanan bisa menimbulkan jerawat.

Berikut ini jenis makanan yang bisa menimbulkan jerawat, Mitrapost.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Mengenal Maskne, Jerawat Akibat Penggunaan Masker

  1. Produk olahan susu

Produk olahan susu dapat memicu adanya jerawat karena memiliki kandungan hormon yang sangat tinggi. Sehingga jika hormonal seseorang sedang tak stabil, misalnya sedang menstruasi atau mengonsumsi pil KB, bisa berisiko tinggi mengalami jerawatan saat mengonsumsi susu.

Baca Juga :   242 Hektare Lahan Tebu di Pati Dapat Bantuan Bibit Varietas Unggul

Sebuah penelitian meyakini bahwa, olahan susu dapat meningkatkan produksi hormon insulin yang dapat memperparah kondisi jerawat. Selain itu, susu sapi mengandung asam amino yang dapat merangsang organ liver untuk memproduksi IGF-1 yang berkaitan dengan pertumbuhan jerawat.

  1. Gula dan karbihidrat olahan

Makanan yang mengandung gula dan terbuat dari karbohidrat olahan mengandung indeks glikemik tinggi. Makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi memiliki faktor pemicu kemunculan jerawat.

Makanan jenis ini, sepertihalnya, roti putih, biscuit, pasta, dan mie yang yerbuat dari terpung terigu, nasi putih, makanan manis, dan minuman bersoda.

Lonjakan kadar gula dalam darah dapat memicu peningkatan hormoneandrogen dalam tubuh menjadi aktif sehingga memproduksi lebih banyak minyak alami atau sebum dalam kulit.

  1. Cokelat

Salah satu studi menunjukkan cokelat dapat memperparah kondisi kulit yang berjerawat. Hal ini karena, cokelat dapat meningkatkan pelepasan protein interleukin-1B dan IL-10 yang apabila berinteraksi dengan bakteri Propionibacterium acnes meningkatkan risiko terjadinya jerawat.

Baca Juga :   Tips Olahraga di Bulan Ramadan

Baca juga: Merawat Jerawat Agar Cepat Musnah

  1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji dinilai dapat menyebabkan jerawat pada wajah. Menurut salah satu penelitian, makanan cepat saji dapat mempengaruhi kadar hormon di tubuh sehingga mendorong pertumbuhan jerawat.

Meski begitu, hasil penelitian mengenai makanan cepat saji hanya menunjukkan pola kebiasaan makan dan risiko tumbuhnya jerawat. Artinya, makakan cepat saji bukan makanan pemicu yang sudah pasti terjadi jerawat jika Anda mengonsumsinya.

Komentar