Manfaat Srikaya bagi Kesehatan, Cegah Kanker hingga Kardiovaskuler

Mitrapost.com – Srikaya merupakan salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Ekstrak alami dari buah, daun, dan kulitnya banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti dalam industri makanan dan kosmetik hingga sebagai pengobatan herbal.

Bagi kesehatan, srikaya memiliki manfaat yang luar biasa. Tak hanya dari buahnya, namun kandungan daun, biji dan batang tanaman srikaya diyakini memiliki efek baik untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit.

Dalam sebuah srikaya mengandung sekitar 60-100 kalori dan beragam nutrisi lain seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamim B, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, dan zat besi.

Baca juga: Segarnya Minuman Bersoda dan Manfaat di Dalamnya

Buah srikaya juga mengandung antioksidan yang melimpah. Jenis antioksidan yang banyak terkandung pada buah srikaya adalah polifenol. Karena memiliki banyak nutrisi, buah srikaya dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Salah satu sumber serat yang baik untuk pencernaan adalah Srikaya, mengonsumsi serat secara rutin membuat tubuh terhindar dari berbagai jenis masalah pencernaan salah satunya adalah diare.

Baca Juga :   4 Cara Sederhana Meredakan Sakit Ambeien

Selain itu, kandungan antioksidan dan karbohidrat juga menjadikan buah ini bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan kuman baik di dalam usus.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Srikaya mengandung antioksidan polifenol dan vitamin C yang cukup banyak, sehingga  bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih kuat melawan infeksi, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Baca juga: Berbagai Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

  1. Mengurangi risiko kanker

Ketika radikal bebas menumpuk, maka tubuh akan mudah mengalami kerusakan sel dan peradangan. Lama-kelamaan hal ini bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, dan salah satunya adalah kanker. Untuk mengurangi radikal bebas, tubuh membutuhkan asupan antioksidan yang cukup.

Baca Juga :   Kuku Kuat dan Sehat, Perhatikan 3 Faktor Ini

Salah satu cara mendapatkan antioksidan adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, termasuk buah srikaya.

  1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Manfaat srikaya untuk mencegah penyakit kardiovaskular adalah dengan mencegah hipertensi. Efek ini diduga berkat kandungan kalium, magnesium, antioksidan, serta serat di dalam buah srikaya.

Baca juga: Jadi Bahan Es Campur, Berikut Manfaat Kolang Kaling

  1. Menjaga gula darah agar tetap stabil

Buah srikaya memiliki nilai indeks glikemik sedang. Artinya, manfaat srikaya bisa untuk mencegah meningkatkan gula darah.

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa ekstrak daun srikaya juga mampu menjaga kestabilan kadar gula darah dan menurunkan dosis penggunaan insulin. Oleh sebab itu, buah srikaya tetap baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.