Tak Hanya Pepaya, Buah-buahan Ini Juga Bisa Lancarkan BAB

Mitrapost.com Kurangnya asupan serat dalam tubuh dapat memicu gangguan pencernaan hingga sulit buang air besar. Selain menggunakan bantuan obat dari apotek, melancarkan buang air besar (BAB) juga bisa dengan alami, yakni dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat.

Kebanyakan orang biasa memanfaatkan buah pepaya untuk melancarkan buang air besar. Namun bagi yang tidak suka dengan buah berwarna oranye ini, masih ada pilihan buah lain untuk melancarkan buang air besar.

Apel

Dalam satu butir apel yang tidak dikupas kulitnya terdapat kandungan serat utuh sekitar 5-6 gram. Sedangkan serat pada apel yang dikupas terdapat 3,3 gram serat.

Apel juga mengandung pektin yang membantu fermentasi makanan dalam usus secara lebih cepat oleh bakteri dan menghasilkan asam lemak rantai pendek. Asam lemak ini nantinya akan menarik lebih banyak air ke usus, sehingga membantu melunakkan feses.

Baca Juga :   Trik Sederhana Ini Bisa Hilangkan Bau Kaki dan Bau Sepatu

Baca juga: Kebaikan Kacang Merah untuk Pencernaan dan Jantung

Jeruk

Selain apel, buah jeruk juga mengandung banyak pektin yang baik mengatasi konstipasi. Selain itu jeruk juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sekresi cairan ke dalam usus sehingga bisa membuat feses menjadi lebih lunak.

Pir

Buah pir memang terasa segar karena kandungan airnya yang banyak. Selain serat, buah pir juga mengandung gula fruktosa dan sorbitol. Karena kedua jenis gula ini tidak dapat dicerna oleh, ia akan dialirkan ke usus besar.