Putus Rantai Distribusi Panen, Dispertan Pati Uji Coba Aplikasi E-Panen

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati lakukan uji coba aplikasi panen elektronik (E-Panen) kepada Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) se Kabupaten Pati. Aplikasi ini diharapkan dapat memotong rantai distribusi perdagangan komoditas pangan.

“Utamaya ingin memotong rantai distribusi panen dari petani ke tengkulak ke penjual pasar ke pembeli. Ada dua yang kita input ke aplikasi yaitu kegiatan tanam dan panennya kapan, untuk semua komoditas,” kata Surya, Mudya Surya Wirawan selaku administrasi Dispertan Pati, Kamis (29/4/2021)

Surya menambahkan, aplikasi ini digunakan oleh penyuluh pertanian lapangan (PPL) di setiap kecamatan se-Kabupaten Pati, yang bertugas memantau waktu tanam dan waktu panen di wilayah binaan.

Baca Juga :   PPL Pati Ikuti Praktik Penghitungan Konversi Pupuk

Setiap PPL secara berkala akan menginput waktu tanam dan prediksi waktu panen, lengkap dengan luasan tanah dan jumlah petani.

Baca juga: Video : Genjot Produktivitas Petani Padi di Trangkil, Dispertan Fasilitasi Laboratorium dan Sekolah Lapang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati