oleh

Pati Gelontorkan Rp12,4 Miliar untuk 13.570 Guru Madin dan Sekolah Minggu

Pati, Mitrapost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menggelontorkan Rp12,433 miliar untuk bantuan kepada 13 ribu lebih guru agama yang terdiri dari guru madrasah diniyah (madin), guru sekolah minggu agama Budha, Kristen, Katolik dan pengelola pondok pesantren.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Pati Haryanto saat penyerahan bantuan guru madin, guru sekolah minggu dan pengelola madrasah di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (4/5/2021) siang.

BPKAD Pati

“Rp12 miliar kalau untuk fisik 12 km jalan sudah dapat dicor. Tetapi kita juga perlu pembentukan mental,” ujar Haryanto dalam sambutannya.

Sebanyak 13.570 guru agama mendapatkan bantuan ini. Data ini didapatkan Pemkab Pati dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati.

Baca juga: News Grafis : Pati Siapkan Rp213 Juta untuk THR Dewan

“Data dari Pak Kemenag. Saya minta tolong data ini dibenahi agar lebih valid. Saya menggarkannya lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati,” tutur Haryanto.

Setiap guru agama mendapatkan bantuan sebesar Rp900 ribu, sementara pengelola pondok pesantren mendapatkan bantuan sebesar Rp2 juta. Penyerahan ini dilakukan secara simbolik, ia pun meminta bantuan ini langsung diserahkan kepada yang bersangkutan.

Bantuan ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati tahun 2021. Sekalipun APBD Kabupaten Pati tahun 2021 ini mengalami refocusing, Haryanto bersyukur dana bantuan untuk guru agama ini tidak termasuk bagian yang terkena refocusing.

Baca juga: News Grafis : THR ASN Pati Cair Pekan Ini

“Minta tolong yang pondok pesantren diserahkan pondok pesantren, guru madin juga langsung diserahkan ke guru madin begitu pula guru sekolah minggu,” imbau Haryanto.

Ia juga mengingatkan bantuan ini tidak ada pemotongan-pemotongan. “Tidak boleh ada iuran-iuran potongan. Sekalipun 10 ribu, lima ribu ndak boleh. Kalau ada pemotongan nanti yang repot kita,” tandas Haryanto. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Komentar

Berita Terkait