Cara Alami Melegakan Hidung Tersumbat

Mitrapost.com Selain pusing dan demam yang mengganggu saat mengalami flu dan pilek, hidung tersumbat membuat tubuh semakin menderita karena kesulitan bernapas.

Hidung yang tersumbat ini terjadi karena peradangan mukosa atau selaput yang terdapat pada hidung dan menghasilkan cairan yang biasa disebut ingus.

Banyak orang memilih menggunakan obat untuk segera meredakan hidung tersumbat. Namun bagi sebagian orang ada juga yang memilih menggunakan cara-cara alami.

Mandi air hangat

Mandi menggunakan air hangat dipercaya dapat membantu mengencerkan lender dan mengurangi peradangan sinus.

Ya, meskipun tak menjamin dapat meredakan hidung tersumbat, namun mandi air hangat dapat membuat tubuh merasa lebih nyaman selama beberapa saat.

Baca Juga :   Takut Gemuk? Hentikan Kebiasaan Ini Usai Makan Malam

Baca juga: Beragam Jenis Teh Herbal dan Manfaat bagi Kesehatan

Menghirup uap air

Menghirup uap panas dari air rebusan dapat membantu menghilangkan hidung mampet. Selain menggunakan air biasa, bisa juga menggunakan air panas yang sudah dicampurkan dengan bahan herbal seperti daun mint atau dekongestan alami seperti minyak kayu putih. Cara ini bisa melegakan hidung yang tersumbat serta membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Konsumsi cairan

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh menjadi salah satu cara mengurangi hidung mampet saar flu. Cairan akan membantu mengatasi peradangan, serta mengencerkan dahak sehingga pernapasan akan terasa lebih lega. Selain air biasa, kamu juga bisa minum air hangat.