oleh

Penyebab Tulang Ekor Sakit dan Cara Meredakannya

Mitrapost.com Rasa nyeri atau sakit pada tulang ekor membuat aktivitas terganggu karena rasa tidak nyaman yang timbul. Terlebih bagi mereka yang menghabiskan banyak aktivitasnya dengan duduk. Kondisi sakit pada tulang ekor ini mungkin saja disebabkan karena pernah mengalami cedera tapi juga bisa muncul secara tiba-tiba tanpa tahu penyebabnya.

Rasa sakit pada tulang ekor bisa muncul secara terus-menerus dan bisa bertambah parah ketika melakukan sejumlah aktivitas atau gerakan tertentu. Selain bisa muncul karena duduk di atas permukaan yang keras atau duduk terlalu lama, sakiit pada tulang ekor juga dialami sebagian orang yang tengah dalam masa haid.

BPKAD Pati

Ada beberapa faktor penyebab sakit pada tulang ekor atau coccydynia atau coccygodynia berdasarkan laman Alodokter:

Baca juga: Jenis Minuman yang Bisa Mengatasi Nyeri Haid

Cedera tulang ekor

Cedera pada punggung bagian bawah bisa menjadi faktor penyebab rasa sakit pada tulang ekor yang sejatinya menjadi penopang tubuh ketika duduk.

Sedengakan cedera pada tulang ekor ini bisa disebabkan karena jatuh dalam posisi duduk, aktivitas yang menimbulkan tekanan berulang pada tulang ekor dalam jangka waktu lama seperti bersepeda atau mengendarai motor di jalan bergelombang. Atau bisa juga karena terlalu lama duduk di atas permukaan yang keras.

Persalinan

Bagi wanita, proses persalinan normal dapat memicu rasa sakit pada tulang ekor. Hal ini karena saat melahirkan kepala bayi menekan bagian atas tulang ekor ibu.

Selain itu wanita yang berada pada masa hamil trimester terakhir juga bisa mengalami rasa sakit pada tulang ekor. Karena secara alami, ligament di sekitar tulang ekor merenggang untuk memberi jalan bayi keluar.

Kelebihan atau kekurangan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memberikan tekanan berlebih pada tulang ekor, terutama saat duduk. Sementara jika terlalu kurus, tidak ada cukup bantalan lemak di bokong untuk mencegah tulang ekor bergesekan dengan jaringan di sekitarnya.

Baca juga: Meningkatkan Kekebalan hingga Kesehatan Tulang, Berikut Manfaat Markisa Bagi Ibu Hamil

Penyakit sendi

Penyakit sendi atau kondisi sendi yang semakin melemah akibat penuaan atau gerakan berulang dapat menimbulkan rasa sakit di tulang ekor. Beberapa contoh penyakit sendi yang bisa menyebabkan keluhan ini adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Sebenarnya sakit pada tulang ekor dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu dalam hitungan minggu hingga bulan.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit pada tulang ekor:

Hindari duduk terlalu lama

Hal ini disarankan bagi para pekerja yang lebih banyak melakukan aktivitasnya dengan duduk. Cobalah untuk berdiri atau berjalan setiap beberapa jam, serta mengubah posisi duduk dengan mencondongkan tubuh ke depan agar dapat meringankan sakit tulang ekor.

Mengompres dan pijat

Kompres area tulang ekor dengan kompres dingin dan hangat secara bergantian selama 10-15 menit. Lakukan sebanyak beberapa kali sehari.

Atau bisa juga dengan memberikan pijatan lembut di area sekitar tulang ekor. Hindari memijat bagian tulang ekor.

Fisioterapi

Fisioterapi atau terapi fisik, dilakukan dengan melakukan latihan fisik dengan teknik khusus untuk mengurangi keluhan. Misalnya dengan melakukan teknik dasar relaksasi dasar pada panggul agar lebih mudah saat buang air kecil atau besar. (*)

Baca juga: Sering Alami Sakit Leher, Kenali Beberapa Benyebabnya

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

 

Komentar

Berita Terkait