oleh

Sepuluh Warga Positif, Satgas Covid-19 Pati Tracing Puluhan Orang

Pati, Mitrapost.com – Sebanyak sepuluh warga perumahan RSS. Sidokerto, Kecamatan Pati Kota, positif Covid-19. Hal ini membuat Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati melakukan tracing atau penelusuran kontak erat kepada puluhan warga setempat.

“Hari ini kami melakukan tracing swab di RSS. Sidokerto. Ada 10 orang yang positif Covid-19,” ujar Kasi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati Teguh Asroyo kepada Mitrapost.com, Jumat (7/5/2021).

BPKAD Pati

Kesepuluh warga yang positif ini, saat ini tengah menjalani perawatan di beberapa rumah sakit, seperti RSUD RAA Soewondo, RS Fastabiq Sehat dan di RS Mitra Bangsa. Sebagian warga positif lainnya menjalani karantina mandiri di rumah dengan pengawasan Pemerintah Desa setempat.

Baca juga: Video : Ratusan Pemudik Sampai di Pati, Dua Positif Covid-19

Dalam tracing ini, pihaknya melakukan tes swab PCR kepada 29 warga yang diindikasikan mengalami kontak erat dan mempunyai gejala serta melakukan rapid test antigen kepada 10 warga yang diindikasikan mengalami kontak erat.

“Sejumlah 29 yang ditindaklanjuti dengan tes PCR dan rapid test antigen 10 orang,” katanya.

Sementara itu, Camat Pati Kota Didik Rusdiartono belum bisa memastikan sebab kesepuluh warga RSS. Sidokerto ini positif Covid-19. Awalnya pihaknya menduga adanya klaster Covid-19 di Masjid Al-Istiqomah yang berada di tengah perumahan ini.

“Masih kita telusuri teknologi positif Covid-19. Kita kemarin mencurigai adanya klaster di Masjid Al-Istiqomah, tapi belum bisa kami pastikan,” Didik menambahi.

Baca juga: News Grafis : Pemudik di Pati, Dua Positif Covid-19

“Ada yang positif Covid-19. Sumbernya dari mana belum diketahui. Diketahui positif sekitar 5 hari yang lalu,” kata Didik.

Ia mengaku, hari ini, pihaknya dan Dinkes Kabupaten Pati sendiri telah melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh RT di RSS. Sidokerto. Selain itu, Masjid Al-Istiqomah juga telah di tutup sementara waktu untuk melakukan penyemprotan.

“Kami tutup sejak kemarin hingga Sabtu besok. Tapi dari takmir masjid sudah menutup sejak Rabu (5/5/2021) lalu,” tandas Didik. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait