oleh

Disdukcapil Semarang Siapkan Mesin ADM untuk Mudahkan Pelayanan Administrasi

Mitrapost.com– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Semarang, siapkan mesin ADM untuk pelayanan administrasi.

Mesin Anjungan Dispendukcapil Mandiri (ADM), merupakan salah satu inovasi yang disiapkan untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh layanan administrasi kependudukan.

BPKAD Pati

Berdasarkan keterangan yang ada, mesin ini akan ditempatkan di kompleks balaikota di jalan Pemuda Semarang.

Baca Juga: Disdukcapil Jepara Beri Layanan Home to Home untuk Difabel

Adi Tri Hananto, Kepala Disdukcapil mengungkapkan bahwa dengan adanya mesin ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan.

“Mesin ini melayani semua yang berkaitan dengan administrasi kependudukan penerbitan KTP, cetak KK, KIA hanya di alat tersebut,” ujar Adi

Selain itu, kemudahan juga bisa didapatkan dari mesin ini. Diantaranya adalah masyarakat tidak harus melakukan pencetakan KK dan lain sebagainya di kantor Disdukcapil.

Baca Juga: Pemohon Membludak, Dewan Minta Optimalisasi Layanan Disdukcapil

“Sehingga bisa melayani pencetakan tidak harus di Disdukcapil, tinggal dikirim link, ini diluar KTP dan KIA, tidak butuh alat khusus. Artinya kertas putih untuk cetak KK atau akte- akte. Kita kirim link dan masyarakat juga bisa cetak sendiri di mesin ini,” tambahnya

Adi juga menyatakan bahwa, dengan adanya mesin ADM dapat lebih menghemat waktu serta biaya. Nantinya akan diberikan pin untuk mencetak berbagai dokumen kependudukan.

“Tapi kalau dia dapat link tidak punya spesifikasi printer dengan kertas ukuran kuarto 80 gram maka dia bisa datang ke ADM itu dengan pin yang kita berikan sehingga bisa mencetak sendiri KK, akte- akte hanya di situ,” ujar Adi

Baca Juga; Ditutup Karena Pegawai Positif Covid-19, Disdukcapil Blora Kembali Buka Layanan

Inovasi ADM juga bertujuan untuk mengoptimalkan layanan online terkait administrasi kependudukan.

Jika terdapat warga yang memiliki kebutuhan mendesak, akan ada petugas IT di setiap kelurahan yang akan membantu masyarakat.

“Mereka diberikan link oleh Disdukcapil untuk memudahkan pelayanan tersebut, agar dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang membutuhkan pelayanan kependudukan,” pungkasnya

Baca Juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Komentar

Berita Terkait