oleh

Ini Penyebab Muncul Klaster Tarawih di Pati

Pati, Mitrapost.com – Sebanyak 57 warga di Perumahan RSS Sidokerto, Kecamatan Pati Kota, Kabupaten Pati dinyatakan positif terinfeksi Coronavirus Disease (Covid-19). Satu diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, klaster ini muncul usai masyarakat di lingkungan perumahan itu melakukan ibadah salat tarawih di Masjid Al-Istiqomah. Klaster ini bermula saat imam yang memimpin salat tarawih positif Covid-19 dengan status tanpa gejala atau OTG.

BPKAD Pati

“Asalnya imam tarawih positif Covid-19 terlebih dahulu,” ujar Haryanto saat dihubungi, kemarin.

Baca juga: Video : Cegah Covid-19, Durasi Khotbah Shalat Ied Dibatasi

Mengetahui adanya kasus tersebut, pihaknya lantas melakukan tracing massal terhadap warga RSS Sidokerto. Dari tracing awal terdapat 10 warga yang positif mengidap virus corona.

Lalu pada Jumat (7/5/2021) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati kembali melakukan tracing kepada puluhan warga dengan hasil 21 orang positif Covid-19.

Sehari setelahnya pihaknya melakukan tracing kembali kepada 202 warga yang mempunyai kontak erat dengan pasien positif Covid-19. “Kita kembangkan kita swab 202 orang dan yang positif ada 26 orang,” sebut dia.

Baca juga: Cegah Covid-19, Durasi Khotbah Salat Ied Dibatasi

Haryanto menduga, penularan virus corona di lingkungan tersebut berlangsung dengan cepat lantaran masjid tersebut menggunakan air conditioner (AC).

“Ada yang diisolasi di Ruang Wijaya Kusuma, di RSUD RAA Soewondo dan yang di rumah masing-masing,” kata Haryanto.

Untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, saat ini masjid dan perumahan telah ditutup untuk sementara waktu. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait