Pelaku UMKM di Pati Meningkat selama Pandemi Covid-19

Pati, Mitrapost.com – Kabupaten Pati memiliki pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lebih banyak selama pandemi Covid-19. Saat sektor ekonomi lesu masyarakat dituntut untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan banyak karyawan yang sepenuhnya beralih menjadi pengusaha mandiri.

Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati mencatat, di tahun 2020 di Pati telah ada 14 ribu pelaku UMKM, jumlah ini diprediksi akan naik lagi di akhir tahun 2021.

“Data base di kami ada 14 ribu akan bertambah mungkin, banyak  yang sadar untuk menjadi pelaku usaha,” ujar Hendri Kristianto, Kabid UMKM Dinkop UMKM Kabupaten Pati, Selasa (11/5/2021).

Tak hanya jumlah pelaku usaha yang meningkat, berdasarkan temuan di lapangan dan laporan dari komunitas UMKM binaan Dinkop Pati, sejak tahun 2021 Kris mengungkap omzet pelaku usaha mulai pulih ke level sebelum pandemi.

Baca Juga :   Dindagkop UKM Blora Beri Pelatihan Digital Marketing

Baca juga: Pati Usulkan 15.000 UMKM Terima Bantuan

Kris mengaku bangkitnya para pelaku usaha di fase kenormalan baru tak lepas dari peran pemerintah menyalurkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati