Realisasi Pupuk Subsidi Pati Berkurang hingga 65 Persen dari Pengajuan

Pati, Mitrapost.com – Para petani di Pati mengeluhkan langkanya pasokan pupuk subsidi. Langkanya pupuk subsidi di agen-agen distributor menuntut petani membeli pupuk non subsidi.

Dari pantauan Mitrapost.com, di sejumlah pemilik kios pupuk juga mengaku kesulitan menyedikan pupuk bersubsidi di musim tanam tahun ini. Sebagai pemegang data Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok atau RDKK kadangkala mereka tak mampu menyedikan pupuk subsidi untuk petani.

Saat kami tanyakan Mudya Surya Wirawan, Penyuluh Pertanian Pati kepada ia menuturkan memang ada pengurangan alokasi pupuk subsidi antara pengajuan RDKK dan realisasi alokasi pupuk subsidi dari pemerintah.

Baca juga: Kurangi Ketergantungan Pupuk Subsidi, BPP Ajak Petani Olah Pupuk Organik

Baca Juga :   Manfaatkan Pekarangan Jadi Lahan Bernilai Ekonomi

Surya menyebut, pengalokasian pupuk siubsidi dari pemerintah tergantung situasi dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

“Kalau dari data semakin naik tapi realisasinya semakin turun. Yang paling tinggi urea 46.600 ton,” kata Surya kepada Mitrapost.com beberapa waktu yang lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati