Dukung Gerakan Food Estate, Dispertan Pati Akan Gelar Pelatihan di Dua Kecamatan

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pertanian Kabupaten Pati tahun ini Selenggarakan Program Ketahanan Pangan Nasional Food Estate atau lambung pangan baru mulai dari Kecamatan Wedarijaksa dan Gabus. Program yang digelar serentak di beberapa kabupaten/kota ini digadang-gadang mampu meningkatkan ketahanan pangan nasional.

“Dengan adanya kegiatan ini kita bisa meningkatkan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan. Petani dapat mandiri untuk memproduksi pupuk, bibit, dan beras konsumsi. Pendapatan mereka lebih sejahtera,” kata Dwi Nugroho, Koordinator PPL KJF (Penyuluh Pertanian Lapangan Kelompok Jabatan Fungsional) Dispertan Kabupaten Pati, Kamis (20/5/2021).

Lebih jelasnya, food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan bahkan peternakan. Dispertan akan lakukan berbagai upaya agar lahan food estate bisa meningkatkan cadangan pangan. Jika cadangan pangan terpenuhi, jangka panjangnya Indonesia tak lagi ketergantungan dengan bahan pangan impor.