Banyak Situs Terbengkalai, TACB Rembang: Ngurusnya Bertahap

Rembang, Mitrapost.com – Sebagai kota bersejarah, Lasem memang dikenal memiliki peninggalan berupa situs-situs bangunan kuno. Mulai dari bangunan Tionghoa, makan-makam kuno, hingga situs yang diduga merupakan peninggalan masa Majapahit. Maka tidak heran jika kemudian Lasem ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional.

Namun demikian, tidak sedikit masyarakat yang mengeluhkan partisipasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang dalam merawat situs-situs bersejarah tersebut selama ini. Sehingga beberapa situs yang ada di Lasem terkesan terbengkalai dan tidak terurus. Sebut saja misalnya, makam Sunan Bonang dan Adipati Wirabraja di Bonang, Lasem, dan tentu masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: Penanaman Tebu di Rembang, Penggarapan Lahan Tak Maksimal

Baca Juga :   Dinbudpar Rembang Akan Tutup Destinasi Wisata Menjelang Libur Lebaran

Budi Darmawan, Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Rembang menjelaskan, pada dasarnya semua situs bersejarah yang terdapat di Lasem mendapat perhatian dari pemerintah. Hanya saja untuk proses akomodasinya tidak bisa sekaligus, melainkan bertahap dari satu distrik ke distrik yang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati