oleh

3 Komik Online Karya Anak Lokal yang Wajib Dibaca

Mitrapost.com Penikmat komik tidak pernah sepi peminat, bahkan semakin meningkat di era digital ini. Kemudahan akses mempertemukan artist atau pembuat komik dengan pembacanya dengan lebih mudah.

Bahkan, tingginya minat pecinta komik ini mendorong munculnya penyedia platform yang mewadahi para seniman menerbitkan karyanya. Mulai dari Webtoon, Kakao Page, Webcomic dan platform-platform lainnya.

Di Indonesia sendiri banyak artis yang menerbitkan karya mereka melalui platform tersebut. Nah, berikut komik online karya anak lokal yang patut dibaca:

7 Wonders

Komik online dengan judul 7 Wonders ini memiliki jumlah pembaca yang tidak sedikit. Bahkan saat ini cerita yang terinspirasi dari kisah legenda Jaka Tarub sudah sampai di Season 3.

Komik karya Metalu selain membawakan cerita romansa antara Jaka dan bidadari bernama Kenanga juga mengangkat kearifal lokal melalui setiap karyanya. Para karakter didalamnya sering digambarkan dengan pakaian yang menggunakan berbagai motif batik dari Indonesia.

Baca Juga :   PWI Pati Nilai Jurnalis Punya Tugas Tambahan di Era Digital

Mengambil latar belakang kisah legenda Jaka Tarub, lika-liku kisahnya sangat seru untuk diikuti sejak season awal yang menceritakan awal pertemuan Jaka dengan bidadari kuning bernama kenanga. Kisahnya berlanjut dengan pencarian pemilik kotak pusaka yang digunakan untuk menyimpan selendang milik Kenanga.

Tak hanya itu, cerita Jaka rupanya tidak sederhana karena harus berhubungan dengan penguasa teritori inti bumi serta para makhluk khayangan untuk memecahkan misteri yang terjadi antara Jaka dan Kenanga.

Baca juga: Merayakan Hari Kartini, 5 Rekomendasi Buku Mengulas Isu Perempuan

Zona Maya

Komik karya Tupai Kidal ini lebih terasa realistis karena banyak sekali kisahnya yang berkesinambungan dengan kejadian di dunia nyata.

Baca Juga :   Bupati Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya Membaca

Zona Maya menceritakan karakter Kartika Maya dengan segala permasalahan dari dalam dirinya sendiri. Perjalanan Maya berdamai dengan perasaannya terhadap Radi; Maya yang sampai di persimpangan dalam memenuhi ekspektasi ibunya.

Karakter Maya di sini juga bersinggungan dengan karakter komik online dari karya sebelumnya, Lara(s)hati.

Baca juga: Setop Beli Bajakan! Berikut 5 Situs Baca Buku Legal dan Gratis

Rumor Has It

Noey membawakan kehidupan toxic dan penuh rumor dalam kehidupan Agatha Bellen, seorang penulis thriller yang menyerah menjalani hidupnya. Sejak peristiwa pelecehan yang berujung membawa rumor negatif itu membuat kehidupan Agatha berubah drastis. Agatha yang dulu merupakan siswa pintar, kini berubah.

Namun, jalan cerita semakin menarik ketika editor novelnya meminta Agatha menulis kisah romansa dalam cerita thriller yang biasa ia buat. Rangkaian cerita kemudian mengantarkan Agatha menjalin hubungan dengan Nevan untuk mencari ide cerita.

Baca Juga :   Rembang Membaca, Komunitas Literasi Pertama di Rembang

Sayangnya Nevan yang mempunyai catatan kriminal tak membuat kehidupan sekolah Agatha menjadi lebih baik karena rumor negatif yang sudah ada pada dirinya. (*)

Baca juga: Dorong Kegemaran Membaca dengan Gerobak Baca

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral